2 Macam Oli Mesin NMAX 155 yang Wajib Bikers Pantau dan Ganti Secara Berkala

Otoinfo – oli mesin NMAX 155 adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin motor dari gesekan dan karat. Oli mesin yang baik akan membuat performa mesin motor tetap optimal dan awet. Namun, oli mesin juga perlu diganti secara berkala agar tidak menurunkan kualitasnya.

Salah satu motor yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal penggantian oli mesin adalah Yamaha NMAX 155. Motor matic premium ini memiliki mesin berkapasitas 155 cc yang dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dan Blue Core.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk menjaga performa mesin NMAX 155, tentu saja kita harus memilih oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan motor.

Selain itu, kita juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang dua macam oli mesin NMAX 155 yang wajib bikers pantau dan ganti secara berkala.

Oli Mesin NMAX 155 Resmi dari Pabrikan

Oli mesin NMAX 155 yang resmi direkomendasikan oleh pabrikan adalah Yamalube Super Matic. Oli mesin ini merupakan produk asli dari Yamaha yang sudah mengadopsi teknologi full synthetic.

Oli mesin ini diklaim dapat memaksimalkan power pada setiap putaran mesin, sekaligus menjaga kestabilan suhu mesin.

Yamalube Super Matic memiliki viskositas SAE 10W-40 dan kualifikasi API SL. Oli mesin ini cocok untuk motor matic dengan kapasitas mesin 125 cc hingga 155 cc, termasuk NMAX 155. Oli mesin ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu:

  • Meningkatkan akselerasi dan responsif mesin
  • Mengurangi gesekan dan keausan komponen mesin
  • Menjaga kebersihan mesin dari kerak dan kotoran
  • Memperpanjang umur mesin dan menghemat bahan bakar

Harga oli mesin Yamalube Super Matic saat ini berkisar antara Rp 72.000 hingga Rp 80.000 per botol dengan isi 0,8 liter. Untuk mengganti oli mesin NMAX 155, kita membutuhkan sekitar 1 liter oli mesin. Jadi, kita perlu membeli dua botol oli mesin Yamalube Super Matic.

Oli Mesin NMAX 155 Alternatif dari Merek Lain

Selain oli mesin resmi dari pabrikan, kita juga bisa menggunakan oli mesin alternatif dari merek lain. Tentu saja, kita harus memperhatikan spesifikasi dan kualitas oli mesin yang kita pilih.

Oli mesin yang baik untuk NMAX 155 adalah yang memiliki viskositas SAE 10W-40 dan kualifikasi API SL atau lebih tinggi.

Beberapa contoh oli mesin NMAX 155 alternatif dari merek lain adalah:

1. Shell Advance AX7

Oli mesin ini merupakan produk semi synthetic yang memiliki kualitas API SN. Oli mesin ini mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap mesin, terutama pada suhu tinggi.

Oli mesin ini juga dapat meningkatkan performa mesin dan menghemat bahan bakar. Harga oli mesin Shell Advance AX7 saat ini berkisar antara Rp 65.000 hingga Rp 75.000 per botol dengan isi 0,8 liter.

2. Motul Scooter LE 10W-40

Oli mesin ini merupakan produk full synthetic yang memiliki kualitas API SL. Oli mesin ini dirancang khusus untuk motor matic dengan teknologi canggih, seperti VVA dan Blue Core. Oli mesin ini dapat memberikan perlindungan optimal terhadap mesin, terutama pada kondisi stop and go.

Oli mesin ini juga dapat menjaga kebersihan mesin dan mengurangi emisi gas buang. Harga oli mesin Motul Scooter LE 10W-40 saat ini berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 100.000 per botol dengan isi 0,8 liter.

3. Castrol Power 1 Scooter

Oli mesin ini merupakan produk full synthetic yang memiliki kualitas API SL. Oli mesin ini diklaim dapat memberikan performa maksimal terhadap mesin, terutama pada akselerasi dan kecepatan tinggi.

Oli mesin ini juga dapat melindungi mesin dari karat dan korosi, serta menjaga kestabilan suhu mesin. Harga oli mesin Castrol Power 1 Scooter saat ini berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 90.000 per botol dengan isi 0,8 liter.

Waktu Penggantian Oli Mesin NMAX 155

Setelah mengetahui oli mesin NMAX 155 yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan motor, kita juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin. Hal ini penting untuk menjaga kualitas oli mesin agar tidak menurun dan berdampak buruk terhadap mesin.

Menurut buku manual servis NMAX 155, waktu penggantian oli mesin NMAX 155 adalah setiap 4.000 km atau 4 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Namun, waktu penggantian oli mesin juga bisa berbeda tergantung pada kondisi jalan dan pemakaian motor.

Untuk kondisi jalan macet, seperti di Jakarta, bengkel resmi menyarankan untuk mengganti oli mesin NMAX 155 di bawah 3.000 km sekali. Hal ini karena jalan macet membuat mesin bekerja lebih keras dan panas, sehingga oli mesin cepat kotor dan menurun kualitasnya.

Untuk kondisi pemakaian motor, kita juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Frekuensi pemakaian motor. Jika kita sering menggunakan motor, maka oli mesin akan lebih cepat habis dan kotor, sehingga perlu diganti lebih sering.
  • Cara berkendara. Jika kita sering mengebut atau menahan gas, maka oli mesin akan lebih cepat panas dan aus, sehingga perlu diganti lebih sering.
  • Jenis bahan bakar. Jika kita menggunakan bahan bakar berkualitas rendah, maka oli mesin akan lebih cepat terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, sehingga perlu diganti lebih sering.

Cara Mengganti Oli Mesin NMAX 155

Mengganti oli mesin NMAX 155 sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita bisa melakukannya sendiri di rumah atau di bengkel terdekat. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengganti oli mesin:

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kunci pas, tang, wadah oli bekas, kain lap, dan oli mesin baru.
  • Panaskan mesin motor selama beberapa menit agar oli mesin menjadi encer dan mudah mengalir.
  • Matikan mesin motor dan tunggu hingga suhu mesin turun.
  • Buka penutup oli mesin yang berada di sisi kanan bawah motor dengan menggunakan kunci pas.
  • Buka baut pembuangan oli mesin yang berada di sisi kiri bawah motor dengan menggunakan kunci pas.
  • Biarkan oli mesin mengalir keluar dari lubang pembuangan hingga habis. Pastikan wadah oli bekas sudah siap menampung oli mesin yang keluar.
  • Bersihkan baut pembuangan oli mesin dari kotoran atau kerak dengan menggunakan kain lap.
  • Pasang kembali baut pembuangan oli mesin dengan menggunakan kunci pas. Jangan terlalu kencang atau terlalu longgar.
  • Tuang oli mesin baru ke dalam lubang penutup oli mesin dengan menggunakan corong atau botol bekas yang sudah dipotong. Pastikan jumlah oli mesin sesuai dengan kapasitas mesin, yaitu sekitar 1 liter.
  • Pasang kembali penutup oli mesin dengan menggunakan kunci pas. Jangan terlalu kencang atau terlalu longgar.
  • Nyalakan mesin motor dan biarkan berjalan selama beberapa menit agar oli mesin merata dan bersirkulasi.
  • Matikan mesin motor dan periksa kembali jumlah oli mesin dengan menggunakan tongkat pengukur yang berada di sisi kanan atas motor. Pastikan jumlah oli mesin berada di antara tanda F (full) dan L (low).
  • Jika jumlah oli mesin kurang, tambahkan lagi sesuai kebutuhan. Jika jumlah oli mesin terlalu banyak, buang kelebihannya dengan mengulangi langkah-langkah sebelumnya.
  • Bersihkan area sekitar lubang penutup dan pembuangan oli mesin dari tumpahan oli mesin dengan menggunakan kain lap.
  • Selesai. Sekarang oli mesin NMAX 155 sudah diganti dengan oli mesin baru yang lebih berkualitas.

Oli mesin adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh bikers yang memiliki motor matic premium ini. Oli mesin yang baik akan membuat mesin motor tetap bertenaga, responsif, bersih, dan awet. Oli mesin yang buruk akan membuat mesin motor lemah, lambat, kotor, dan cepat rusak.

Oli mesin yang resmi direkomendasikan oleh pabrikan adalah Yamalube Super Matic. Oli mesin ini merupakan produk full synthetic yang memiliki viskositas SAE 10W-40 dan kualifikasi API SL. Oli mesin ini dapat memaksimalkan power pada setiap putaran mesin, sekaligus menjaga kestabilan suhu mesin.

Oli mesin yang alternatif dari merek lain adalah Shell Advance AX7, Motul Scooter LE 10W-40, dan Castrol Power 1 Scooter.

Oli mesin ini juga merupakan produk full synthetic atau semi synthetic yang memiliki viskositas SAE 10W-40 dan kualifikasi API SL atau lebih tinggi. Oli mesin ini dapat memberikan perlindungan optimal terhadap mesin, terutama pada kondisi ekstrem.

Waktu penggantian oli mesin NMAX 155 adalah setiap 4.000 km atau 4 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Namun, waktu penggantian oli mesin juga bisa berbeda tergantung pada kondisi jalan dan pemakaian motor. Untuk kondisi jalan macet, disarankan untuk mengganti oli mesin di bawah 3.000 km sekali.

Cara mengganti oli mesin adalah dengan membuka penutup dan baut pembuangan oli mesin, membiarkan oli mesin mengalir keluar, membersihkan baut pembuangan oli mesin, mengisi oli mesin baru, memeriksa jumlah oli mesin, dan membersihkan area sekitar lubang penutup dan pembuangan oli mesin.

Demikianlah ulasan lengkap tentang dua macam oli mesin NMAX 155 yang wajib bikers pantau dan ganti secara berkala. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Otoinfo

Latest Posts