6 Masalah Umum Dan 3 Masalah Tambahan Pada Toyota Avanza?

6 Masalah Umum Dan 3 Masalah Tambahan Pada Toyota Avanza?

OtoinfoToyota Avanza, sebagai low MPV yang populer di Indonesia, memiliki sejumlah masalah yang sering terjadi. Meskipun memiliki desain yang disukai dan dianggap bandel, pemilik seringkali mengalami beberapa masalah yang memerlukan perhatian khusus. Berikut adalah enam masalah umum yang kerap dihadapi oleh pemilik Toyota Avanza:

1. Mesin Ngelitik

Masalah ini sering disebabkan oleh penumpukan kerak di sistem pembakaran atau ruang bakar, yang mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan suara ngelitik. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan bensin oktan rendah secara terus-menerus dan kurangnya tune up.

2. Overheat

Masalah overheat bisa terjadi akibat sistem pendinginan mesin yang bermasalah, seperti kerusakan pada motor kipas atau komponen lainnya seperti radiator, water pump, atau kipas. Hal ini seringkali tidak disadari oleh pemilik hingga mobil mengalami overheat di jalan.

Baca Juga:   Bocoran Terpanas! Mercedes-Benz Siap Meluncurkan 10 Model Baru hingga Akhir Tahun, Termasuk Mobil Listrik dan Performa Tinggi!

3. AC Panas sering terjadi pada Toyota Avanza

Masalah AC yang mengeluarkan udara panas seringkali disebabkan oleh kerusakan pada magnetik clutch atau kebocoran freon dalam sistem pendingin udara.

4. Rem Bergetar dan Bunyi

Rem yang bergetar dan mengeluarkan bunyi sering terjadi karena disk brake yang tidak rata, terutama pada Avanza yang sering digunakan sebagai mobil harian.

5. Mesin Pincang dan Bergetar

Mesin yang pincang dan bergetar bisa menjadi tanda adanya masalah pada koil atau busi yang rusak.

Baca Juga:   Mengintip Nissan Sakura! Kompak, Mewah, dan Ramah Lingkungan

6. Kipas Radiator Nyala Terus

Pada Avanza Veloz, kipas radiator dapat menyala terus menerus bahkan setelah mesin dimatikan, hal ini disebabkan oleh kerusakan pada Sensor ECT (Engine Coolant Temperature).

Masalah Tambahan pada Toyota Avanza

Selain enam masalah utama yang disebutkan di atas, Toyota Avanza juga memiliki masalah tambahan yang perlu diperhatikan:

1. Suspensi yang Tidak Mendukung

Suspensi Toyota Avanza tidak mendukung untuk kecepatan tinggi, menyebabkan mobil cenderung limbung dan kurang nyaman dibandingkan dengan pesaingnya seperti Suzuki Ertiga atau Nissan Livina.

Baca Juga:   New Mitsubishi Pajero Sport 2024 Versi Facelift Thailand, Kira-kira Apa Keunggulannya?

2. Karet Pintu Tipis dan Gampang Getas

Kabin Toyota Avanza sering mengalami kebisingan karena karet pintu yang tipis dan rentan terhadap keausan, memungkinkan angin masuk ke dalam kabin. Karet pintu yang getas juga dapat menyebabkan kebocoran suara dari luar.

3. Motor Fan yang Cenderung Lemah karena Usia

Umur motor fan pada Toyota Avanza cenderung singkat, yang dapat mengakibatkan kinerjanya menurun setelah beberapa tahun pemakaian. Penggantian motor fan diperlukan jika mobil telah berusia lebih dari lima tahun atau telah menempuh jarak tempuh lebih dari 130 ribu kilometer. Otoinfo.