Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Kelebihan dan Kekurangannya

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Kelebihan dan Kekurangannya

OtoinfoSuzuki Ertiga Diesel Hybrid pertama kali diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada 7 Februari 2017. Mobil ini, yang awalnya dijual seharga Rp 219,5 juta on the road Jabodetabek, menjadi langka setelah berhenti dipasarkan secara bertahap sejak 2018. Meskipun tidak lagi tersedia di dealer resmi Suzuki, Ertiga Diesel masih dapat ditemukan di pasar mobil bekas dengan harga berkisar antara Rp 130 jutaan hingga Rp 140 jutaan pada tahun 2023.

Kelebihan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

  • Konsumsi Bahan Bakar Irit: Ertiga Diesel terkenal dengan konsumsi bahan bakar yang irit, mencapai 22,6 kilometer per liter, didukung oleh sistem Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).
  • Fitur Headlamp Leveling: Dilengkapi dengan fitur pengaturan sorotan lampu depan, memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara di malam hari.
  • Rear Defogger: Fitur defogger membantu menjaga stabilitas saat berkendara dalam kondisi hujan dengan mencegah kabut di kaca belakang.
  • Sensor Parkir 4 Titik: Mempermudah proses parkir dengan sensor parkir empat titik yang terpasang.
  • Gear Shift Indicator: Indikator perpindahan gigi membantu pengemudi menjaga tingkat konsumsi bahan bakar yang optimal.
Baca Juga:  Bertarung di Jalur Elegan! Suzuki Saluto 125 vs Honda Stylo 160! Siapakah Raja Skuter Matic

Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

  • Performa AC Bermasalah: Pemilik sering mengeluhkan performa AC yang kurang optimal karena tidak adanya thermostat, menyebabkan kompresor terus bekerja dan masalah pembekuan serta jamur pada evaporator belakang.
  • Tersedia Hanya dengan Transmisi Manual: Ertiga Diesel di Indonesia hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan, tanpa opsi transmisi otomatis.
Baca Juga:  Yamaha Smax 160 Gusur Yamaha NMAX dan Honda PCX Sebagai Primadona!

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

  • Mesin:
    • Kode Mesin: D13A, DDiS, DOHC, SHVS
    • Jumlah Silinder: 4 Silinder
    • Kapasitas Mesin: 1.248 cc
    • Tenaga Maksimum: 87,7 hp @ 4.000 rpm
    • Torsi Maksimum: 200 Nm @ 1.750 rpm
  • Transmisi:
    • Jenis Transmisi: Manual 5-Percepatan
  • Rangka:
    • Sistem Kemudi: Rack Pinion / Power Steering
    • Suspensi Depan: MacPherson Strut with Coil Spring
    • Suspensi Belakang: Torsion Beam with Coil Spring
    • Rem Depan: Cakram Ventilasi
    • Rem Belakang: Tromol
    • Ukuran Ban: 185/65/15
  • Bobot dan Kapasitas:
    • Berat Kosong Kendaraan: 1.260 kg
    • Berat Kotor Kendaraan: 1.855 kg
    • Kapasitas Tempat Duduk: 7 Orang Penumpang
    • Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 45 Liter
  • Dimensi:
    • Panjang: 4.265 mm
    • Lebar: 1.695 mm
    • Tinggi: 1.685 mm
    • Wheelbase: 2.740 mm
    • Ground Clearance: 185 mm
    • Radius Putar: 5,2 meter
Baca Juga:  Fakta Mengejutkan! Varian Tertinggi Honda BeAT 2024 Tanpa Alarm!

Ertiga Diesel Hybrid menawarkan opsi MPV murah bermesin diesel dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Meskipun memiliki kelebihan seperti fitur-fitur canggih, terdapat juga beberapa kekurangan seperti masalah performa AC dan keterbatasan opsi transmisi. Bagi yang berminat, Ertiga Diesel masih dapat ditemukan di pasar mobil bekas dengan harga terjangkau.Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.