Otoinfo – Selamat ulang tahun yang pertama untuk BMW Z1! Merayakan warisan otomotif yang langka, BMW Z1 hadir sebagai sports car dua pintu atap terbuka pertama sejak BMW 507 menghentikan produksinya pada tahun 1960.
Namun, apa yang membuatnya benar-benar istimewa adalah inovasi desainnya yang revolusioner—pintu geser vertikal yang membuatnya tampil begitu futuristik pada masanya.
Pintu Geser Vertikal yang Unik
Diluncurkan pertama kali di dunia pada tahun 1989, BMW Z1 membuat gebrakan dengan pintu geser vertikalnya yang memukau.Inovasi ini, biasa kita temui pada mobil MPV masa kini, memungkinkan pintu bergerak ke atas dan ke bawah. Pilihan desain ini bukan hanya sebagai pemanis, melainkan solusi cerdas dari para insinyur BMW Technik GmbH untuk mengatasi tantangan parkir di ruang yang sempit.
Dengan pintu geser vertikal, membuka pintu di tempat parkir terbatas tidak lagi menjadi masalah, bahkan memungkinkan mobil dijalankan dengan pintu terbuka.
Spesifikasi Mesin dan Kinerja
BMW Z1 tidak hanya menawarkan desain yang unik, tetapi juga performa yang memukau. Ditenagai oleh mesin bensin 6-silinder segaris berkapasitas 2.500 cc, dipadukan dengan transmisi manual Getrag 5-speed, mobil ini mampu menghasilkan daya sebesar 168 dk pada 5.800 rpm.
Dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,9 detik, mobil tersebut memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan bagi para penggemar mobil sport.
Tantangan dalam Penjualan
Meskipun memulai debutnya dengan sukses pada tahun peluncuran, penjualan mobil tersebutmengalami penurunan drastis setelah tahun pertama.
Pilihan unik dari pintu geser vertikal mungkin kurang diterima secara massal, menyebabkan BMW menghentikan produksinya pada tahun 1991. Meski begitu, warisan BMW Z1 tetap hidup dalam ingatan para penggemar mobil klasik.
Sebuah Legenda yang Tetap Dikenang
BMW Z1, dengan desain pintu geser vertikalnya yang menjadi ciri khas, tetap menjadi ikon dalam dunia otomotif. Meskipun produksinya singkat, warisan dan keunikan mobil ini tetap membuatnya menjadi objek nostalgis bagi para pecinta mobil klasik.
Seiring waktu, mobil tersebut terus menjadi bagian dari sejarah yang patut dihormati di dunia otomotif. Otoinfo
More Stories
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer
Proliner Clutch Spring, Solusi Tarikan Maksimal Tanpa Selip Kopling!
Geely Boyue-Series Mencetak Rekor: Terjual 2 Juta Unit dalam 107 Bulan, Mobil China Terlaris di Dunia!