Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Review Honda HR-V 2024: Pilihan yang Mewah Tetapi Akhirnya Hanya ‘Biasa’

Review Honda HR-V 2024 Pilihan yang Mewah Tetapi Akhirnya Hanya 'Biasa'

OtoinfoHonda HR-V 2024 tampaknya menjadi SUV terlaris di Amerika Serikat untuk pembeli mobil pertama kali serta mereka yang termasuk dalam Generasi Z (kita dapat berasumsi banyak tumpang tindih di sana).

Pujian untuk para pembeli ini, karena mereka pasti membuat pembelian yang masuk akal. HR-V memiliki kabin besar dan berkualitas baik, banyak ruang, nilai keamanan teratas, dan membawa reputasi Honda yang telah terbukti untuk keandalan dan nilai jual.

Sebagai transportasi yang sederhana dan dapat diandalkan bagi mereka yang ingin duduk sedikit lebih tinggi dan menikmati beberapa fleksibilitas, HR-V berhasil menjalankan tugasnya.

Namun, terasa seperti ada “tapi” yang akan datang di sini, bukan? Ya, memang ada! Meskipun HR-V tentu masuk akal, namun juga sangat membosankan.

SUV subkompak lain menawarkan gaya yang khas dan melayani niche tertentu dengan varian yang berjiwa sporty atau off-road.

Singkatnya, mereka memiliki karakter yang lebih kuat. Selain itu, dengan pengecualian yang jarang, mobil-mobil tersebut lebih menyenangkan untuk dikendarai dan memiliki mesin yang lebih kuat.

Honda HR-V 2024 adalah salah satu mobil terlambat di luar sana dan Anda pasti akan merasakannya. Lebih buruk lagi, hal itu tidak diimbangi dengan konsumsi bahan bakar di atas rata-rata.

Bahkan utilitasnya pun sedang-sedang saja – area kargo tidak selega yang diindikasikan oleh volume kargonya dan tidak ada rel ditarik yang tersedia untuk meningkatkan fleksibilitasnya.

Pada dasarnya, HR-V mungkin adalah pilihan yang masuk akal, tetapi selain itu, hanya ‘biasa’. Kami lebih suka merekomendasikan yang lain di segmen ini, beberapa di antaranya bahkan lebih terjangkau namun memberikan lebih banyak.

Termasuk di antaranya Chevrolet Trax, Buick Envista, Kia Seltos, Subaru Crosstrek, Kia Niro hybrid, Hyundai Kona, Volkswagen Taos, Mazda CX-30, dan Nissan Kicks yang sangat ramah anggaran. Ya, daftar ini panjang, tetapi itu mencerminkan posisi HR-V dalam hierarki.

Interior dan Teknologi di dalam HR-V

Terlepas dari konsol tengah mengambang yang tinggi dilapisi dengan kulit sintetis lembut yang dipindahkan dari HR-V sebelumnya (meskipun diperbarui), desain kabinnya yang tampan dan material di atas rata-rata sebagian besar sesuai dengan Honda Civic.

Baca Juga:  Akhirnya Muncul, SUV Mitsubishi pesaing HR-V, Grand Vitara, Yaris Cross, dan Hyundai Creta!

Itu adalah hal yang bagus. Petunjuk Civic yang paling jelas adalah ventilasi udara roda-pintu yang diberi lapisan pola sarang lebah berpenampilan logam.

Mungkin akan ada hari di mana Honda terlalu banyak menggunakan elemen desain ini, tetapi untuk saat ini, itu luar biasa. Anda dapat membaca tinjauan mendalam kami tentang tingkat trim HR-V EX-L di sini.

Layar sentuh (7 inci di LX dan Sport, 9 inci di EX-L), dibagikan dengan Civic, dan jauh lebih baik daripada layar sentuh lama HR-V yang lambat, rumit, dan tua.

Nah, apakah layar-layar itu lebih baik daripada pesaing HR-V? Tidak benar-benar, terutama jika dibandingkan dengan Kia Seltos dan saudara kembar Chevy Trax/Buick Envista.

Mereka juga tidak lagi secara nyata lebih buruk. Tiga port USB-A juga berada di konsol tengah, dan tingkat trim EX-L yang paling tinggi mendapatkan pengisian daya nirkabel bersama dengan kemampuan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel. Versi kabel standar disertakan.

Dimensi HR-V

Honda HR-V 2024 lebih besar dan sekitar sama besar dengan SUV yang digantikannya, yang membingungkan, dan jika Anda ingin tahu bagaimana dan mengapa, kami menyelidikinya dalam tinjauan pertama kami tentang HR-V.

Namun, pada akhirnya, HR-V tumbuh untuk memenuhi standar subkompak yang baru dan lebih besar seperti hampir semua yang ada di segmen lain.

Ruang penumpangnya termasuk yang terbaik di kelompoknya, dan bersama dengan Taos, Trax, dan Envista, termasuk yang lebih ramah keluarga sebagai hasilnya.

Dalam hal ruang kargo, ada 24,4 kaki kubik ruang kargo (secara dasarnya sama seperti sebelumnya, tetapi lagi-lagi, cerita panjang).

Itu hanya sedang-sedang saja, dengan Seltos, Taos, dan Bronco Sport memiliki lebih banyak ruang.

Yang lebih penting, kami menemukan bahwa pembukaan bagasi HR-V yang miring membuatnya sulit untuk memuat barang bawaan di dalam dan mengurangi fungsionalitasnya dibandingkan tidak hanya dengan pesaing yang lebih besar di kertas, tetapi juga dengan yang lain seperti Buick Envista dan Subaru Crosstrek.

Namun, Honda HR-V 2024 setidaknya memiliki kursi belakang yang dapat dilipat sepenuhnya datar berkat dasar kursi yang cerdas dengan banyak engsel yang menyelip ke dalam footwell. Tidak perlu lantai kargo dua tingkat.

Baca Juga:  Mengenal Honda RoadSync di PCX 160: Teknologi Canggih untuk Berkendara Tanpa Gangguan

Bahan Bakar dan Spesifikasi Kinerja

Hanya ada satu kombinasi mesin dan transmisi yang tersedia: mesin empat silinder 2.0 liter dengan daya 158 tenaga kuda dan torsi 138 pound-kaki yang terhubung dengan transmisi kontinu variabel.

Penggerak roda depan dan penggerak semua roda tersedia. Dayanya di bawah rata-rata untuk segmen ini – banyak yang menawarkan upgrade yang lebih bertenaga.

EPA memperkirakan ekonomi bahan bakar sekitar 26 mpg di kota, 32 mpg di jalan raya, dan 28 mpg kombinasi dengan penggerak roda depan.

Angka tersebut turun menjadi 25/30/27 dengan penggerak semua roda. Ini sebenarnya lebih rendah daripada para pesaing yang lebih bertenaga.

Bagaimana Rasanya Mengemudikan HR-V?

HR-V sangat lambat, dengan kurangnya tenaga rendah (torsi rendah yang hanya mencapai 138 pound-kaki pada 4.200 rpm).

Tekan gas dan tidak ada yang benar-benar terjadi, yang berbeda dengan mesin turbo kecil yang tajam dari banyak pesaing.

Termasuk Trax dan Envista dari Chevy, yang memiliki waktu 0-60 yang sama seperti HR-V di atas kertas, tetapi akhirnya terasa lebih cepat.

HR-V lambat dan rasanya lambat. CVT melakukan pekerjaan baik dengan berperilaku seperti transmisi yang cukup normal dengan mensimulasikan gigi, bahkan menerapkan pengereman mesin saat menuruni bukit dalam mode Sport atau Low.

Jika Anda ingin mempercepat, mode Sport tidak benar-benar memenuhi namanya, karena terlalu cepat untuk naik gigi. Tidak ada paddle shifter yang tersedia.

Di luar powertrain, pengalaman berkendara ini terasa sangat halus untuk segmen ini. Mungkin ini adalah berbagai komponen CR-V generasi sekarang di suspensinya, tetapi rasanya lebih kokoh dan canggih.

Body roll tetap dalam kendali yang baik dan kemudi memiliki bobot yang konsisten dengan respons yang layak.

Rasio ini terasa lebih lambat daripada Civic, meskipun, dan bekerja melalui jalan berliku di pegunungan memerlukan sudut belok yang lebih besar dari yang diharapkan.

Ini berbeda dengan Mazda CX-30 dan Chevy Trax yang lebih hidup dan menarik. Ada pasti versi yang lebih sporty mungkin di sini jika Honda memilih untuk melakukannya – demikian juga yang lebih cocok untuk kegiatan luar ruangan. Ground clearance-nya sederhana dengan hanya 7 inci, dan tidak ada rel di atap.

Baca Juga:  Volvo EX90, SUV Listrik Ramah Lingkungan dengan Performa Superior!

Apa saja review Honda HR-V lain yang dapat saya baca?

  • Honda HR-V First Drive 2023
  • Uji Coba Bagasi Honda HR-V
  • Tinjauan Interior Honda HR-V EX-L
  • Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross: Mana yang Lebih Baik?

Berapa Harga HR-V 2024? Harga dimulai dari Rp 390,9 Juta untuk trim LX roda depan. Ini termasuk biaya pengiriman Rp 19,9 Juta.

Titik awal ini, bersama dengan tingkat trim yang lebih tinggi, bersaing dengan sebagian besar pesaing, termasuk Kia Seltos dan Subaru Crosstrek.

Namun, seperti yang telah kami sebutkan di atas, HR-V memiliki kekurangan atau setidaknya kurang. Penting untuk mencatat Chevy Trax dan Buick Envista, yang jauh lebih terjangkau.

Berbeda dengan beberapa pesaing tersebut, tidak ada tingkat trim khusus yang menawarkan tampilan atau dinamika berkendara yang lebih sporty, atau versi bertheme off-road yang mendapatkan ground clearance ekstra dan fungsionalitas untuk membawa perlengkapan petualangan luar ruangan.

HR-V Sport mendekati, tetapi sebenarnya hanya trim tingkat menengah dengan sentuhan yang agak sporty seperti roda hitam di luar dan jahitan berwarna amber di dalam.

Semua harga di bawah ini termasuk biaya pengiriman Rp 19,9 Juta. Semua tingkat trim juga dilengkapi dengan penggerak roda depan.

  • LX: Rp 390,956,000
  • LX AWD: Rp 414,048,000
  • Sport: Rp 414,818,000
  • Sport AWD: Rp 437,910,000
  • EX-L: Rp 445,608,000
  • EX-L AWD: Rp 468,700,000

Apa saja peringkat keamanan dan fitur bantuan pengemudi HR-V? Setiap Honda HR-V 2024 dilengkapi dengan peringatan tabrakan depan, pengereman darurat otomatis, peringatan kejutan, asisten penjaga jalur, dan kontrol kecepatan adaptif dengan kemampuan berhenti dan start-and-go serta asisten penjaga jalur.

Ini juga termasuk airbag samping belakang, yang jarang ditemui. Peringatan titik buta dan peringatan lintasan silang belakang disertakan pada Sport dan EX-L.

NHTSA memberikan HR-V nilai lima bintang untuk perlindungan secara keseluruhan, perlindungan depan, dan perlindungan samping.

Insurance Institute for Highway Safety menamainya sebagai Top Safety Pick+ untuk kinerja terbaiknya dalam semua kategori perlindungan dan pencegahan tabrakan, ditambah peringkat lampu depan yang cukup tinggi. Otoinfo.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.