Otoinfo – Yamaha X1, sebuah motor bebek legendaris dari Thailand, masih menggema dalam ingatan para penggemar otomotif Indonesia. Terkait erat dengan saudaranya, Jupiter-Z, X1 menyimpan sejarah menarik yang sayangnya tidak pernah melangkah di tanah air.
Mari kita kupas lebih dalam tentang kehadiran motor ini dan mengapa meskipun memiliki potensi, motor ini tidak pernah meluncur di Indonesia.
Jejak Sejarah Yamaha X1
Saat memandang masa lalu di era 2004-2005, ingatan kita akan dibanjiri dengan gambaran Yamaha X1 yang sering muncul di halaman-halaman majalah otomotif.
Motor ini, dengan mesin 110cc yang sama dengan Jupiter-Z, memperlihatkan keunggulan dalam desain dan performa. Namun, kehadirannya di Indonesia hanya tinggal sebagai isu yang tidak pernah terwujud.
Mengapa Yamaha X1 Tidak Diluncurkan di Indonesia?
Kehadiran Yamaha X1 di Indonesia dipenuhi dengan spekulasi dan harapan. Namun, keputusan YMKI untuk tidak memasarkannya di Indonesia merupakan kebijakan yang mengundang tanda tanya.
Alasan utamanya, pasar otomotif Indonesia saat itu cenderung kurang menerima desain yang di luar kebiasaan.
Meskipun Yamaha X1 memiliki desain yang lebih sporty dan menarik perhatian, namun pasar lebih memilih saudaranya, Jupiter-Z, yang berhasil menjadi idola baru di segmen bebek 4-tak.
Spesifikasi dan Desain Yamaha X1
Yamaha X1 memiliki basis mesin yang sama dengan Jupiter-Z, dengan kubikasi mesin 110cc, bore x stroke = 51.0 x 54.0 mm, dan sistem transmisi rotari 1-2-3-4.
Tersedia dua varian, yakni Yamaha XI dengan kopling otomatis dan Yamaha X1 Super dengan kopling manual serta velg racing enkei.
Desainnya yang out of the box memberikan kesan sporty dan sangar, terutama dengan posisi headlamp yang diletakkan di dada, mengikuti inspirasi dari headlamp superbike Yamaha YZF-R1.
Spesifikasi Teknis Yamaha X1
Mesin
- Tipe: 4stroke, Single Piston SOHC, Air Cooled
- Kapasitas: 110cm3
- Bore x Stroke: 51.0 x 54.0mm
Drivetrain
- Kopling: Kopling Manual dan Otomatis, 4 Speed
- Tipe: JB-110 D (Kopling Manual), JBA-110D (Kopling Otomatis)
Dimensi dan Berat
- Dimensi (PxLxT): 1,910 x 690 x 1,025mm
- Tinggi Tempat Duduk: 760mm
- Ground Clearance: 130mm
- Wheel Base: 1,230mm
- Berat Kering: 96Kg
Sistem Bahan Bakar
- Kapasitas Tangki: 4.5Lt
- Karburator: Mikuni/VM 17
Sistem Listrik
- Pengapian: DC – CDI
- Starter: Kick dan Elektrik
Suspensi dan Rem
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Swing Arms, Dual Shock Absorbers
- Rem Depan: Cakram dengan Caliper Dual Piston
- Rem Belakang: Tromol
Ban
- Ukuran Depan: 2.25-17 33L
- Ukuran Belakang: 2.50-17 38L
Meskipun Yamaha X1 tidak pernah meluncur di Indonesia, namun warisannya tetap hidup dalam ingatan para penggemar otomotif.
Dengan desain yang unik dan performa yang tangguh, Yamaha X1 tetap menjadi legenda di dunia motor bebek. Sebagai alternatif, para pecinta otomotif Indonesia bisa mengapresiasi keberadaan X1 melalui informasi dan foto-foto yang tersebar luas di internet.
Siapa tahu, suatu hari, Yamaha X1 akan kembali memikat hati para penggemar otomotif Tanah Air. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperdalam pengetahuan tentang sejarah otomotif Indonesia.
Jangan ragu untuk berbagi informasi ini kepada teman-teman pecinta motor bebek. Terima kasih telah membaca! Otoinfo
More Stories
Tim MRT Semarang Siap Menggila di Superdragway! Andalkan BMW Kuning & Estilo Merah di Kelas Neraka
Totalitas Seateam59! Yogi Gresik Tancap Gas di 4 Kelas Superdragway Seri 3
Tak Lagi Muda Tapi Tetap “Ngeyel Balap”! Greco 907TM Tetap Konsisten Gaspol di SDW Final Round”