Otoinfo – Pasar mobil listrik di Indonesia semakin berkembang dengan pesat, dan saat ini didominasi oleh merek-merek otomotif asal China. Sepanjang tahun 2024, Wuling dengan tiga model mobil listriknya masih memegang kendali pasar.
Namun, Chery yang baru memulai kiprahnya di segmen kendaraan listrik (EV) sejak awal tahun ini, berhasil menggeser dominasi Wuling. Model andalan Chery, Omoda E5, tercatat sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia pada bulan Mei.
Menurut Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, persaingan antara merek-merek China di pasar mobil listrik Indonesia merupakan hal yang positif. BYD, sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia pada tahun lalu, baru saja memasuki pasar Indonesia pada awal tahun ini dan berencana mengirimkan sekitar 1500 unit mobil ke konsumen pada bulan Juni.
Kompetisi yang ketat ini dapat membantu membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan semakin banyaknya pemain yang bersaing, diharapkan akan tercipta inovasi dan peningkatan kualitas produk yang lebih baik.
Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 28 Juli 2024, setidaknya ada sembilan jenama kendaraan asal China yang akan memamerkan produk mereka. Hal ini menunjukkan keseriusan para produsen mobil listrik China dalam mengejar pasar Indonesia.
Pakar otomotif sekaligus akademisi di Institut Teknologi Bandung (ITB), menilai bahwa mobil-mobil buatan China yang menawarkan teknologi canggih dan harga yang kompetitif memiliki potensi besar untuk mendominasi pasar otomotif Indonesia di masa depan.
Namun, Yannes juga menekankan bahwa sebagai pemain baru, merek-merek kendaraan asal China masih perlu memperkuat jaringan penjualan dan layanan serta membangun citra merek yang baik di mata konsumen Indonesia.
BYD, sebagai salah satu produsen kendaraan asal China yang memasuki pasar Indonesia, berupaya untuk memperkuat kehadirannya dengan menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Langkah ini diharapkan dapat membantu BYD lebih mudah beradaptasi dan bersaing di pasar otomotif Indonesia yang semakin kompetitif.
Dengan persaingan yang semakin ketat, diharapkan pasar mobil listrik di Indonesia akan semakin berkembang dan memberikan pilihan yang lebih beragam bagi konsumen. Inovasi dan peningkatan kualitas produk dari masing-masing merek akan menjadi kunci sukses dalam meraih hati konsumen di Tanah Air. Otoinfo