Otoinfo.id – Jika Anda sedang mencari Honda Brio 1.3 generasi pertama di pasar mobil bekas (mobkas), penting untuk memahami perbedaan antara tipe S dan E sebelum memutuskan untuk membeli. Honda Brio dikenal sebagai compact car yang menawarkan performa kencang serta efisiensi bahan bakar yang baik. Berikut adalah rincian perbedaan antara kedua tipe tersebut.
Perbedaan Tipe S dan E
Pada tahun 2012, Honda Brio memasuki pasar Indonesia sebagai model CBU (Completely Built Up) dengan mesin 1.300 cc. Di pasar mobil bekas, Honda Brio Satya tergolong dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car), sementara tipe RS merupakan varian non-LCGC dengan mesin 1.200 cc. Jika Anda mempertimbangkan membeli Honda Brio 1.3 generasi pertama, berikut adalah perbedaan utama antara tipe S dan E:
- Eksterior dan Velg:
- Tipe S: Menggunakan pelek kaleng standar.
- Tipe E: Dikenal dengan pelek alloy yang lebih stylish.
- Handel Pintu:
- Tipe S: Handle pintu berwarna hitam standar.
- Tipe E: Handle pintu sewarna bodi, memberikan tampilan yang lebih serasi.
- Kunci dan Alarm:
- Tipe S: Tidak dilengkapi dengan kunci yang memiliki tombol alarm terintegrasi.
- Tipe E: Sudah dilengkapi dengan fitur kunci yang memiliki tombol alarm.
- Power Window:
- Tipe S: Hanya dilengkapi power window di dua pintu depan, sedangkan pintu belakang masih menggunakan engkol manual.
- Tipe E: Memiliki power window di seluruh pintu.
- Fitur Hiburan:
- Tipe S: Menggunakan head unit single DIN.
- Tipe E: Sudah menggunakan head unit double DIN yang lebih modern.
- Kisi AC:
- Tipe S: Tidak memiliki lapisan krom pada kisi AC.
- Tipe E: Dilengkapi dengan lapisan krom pada kisi AC.
Meskipun terdapat perbedaan dalam fitur dan tampilan, kedua tipe Honda Brio 1.3 ini memiliki keunggulan yang sama dalam aspek keselamatan. Keduanya dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti ABS, EBD, dan dual SRS airbag. Selain itu, keduanya menggunakan mesin i-VTEC 1.3 liter yang bertenaga 100 dk.
Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat saat memilih Honda Brio 1.3 generasi pertama di pasar mobil bekas. Selamat berburu mobil!