Fakta Penting Dibalik Podium Juara Robby Sakera di Mandalika! Dari Underbone ke Sport 250 cc, Ini Rahasianya!

Otoinfo.id-Moch. Murobbil Fathoni atau akrab disapa Robby Sakera rider tim Yamaha LFN HP969 Global Ondolomon, berhasil mencuri perhatian publik otomotif Tanah Air usai menjuarai kelas Kejurnas Sport 250 cc race-2 dalam ajang Mandalika Racing Series (MRS) 2024 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB pada akhir pekan 12-13 April 2024.

Kemenangan ini bukan sekadar podium biasa, melainkan pencapaian luar biasa yang membuka lembaran baru dalam karier balap sang pembalap idola asal Madura itu.

Perjalanan Robby Sakera: Dari Underbone 150 cc ke Sport 250 cc

Pembuktian Skill di Kelas Baru

Robby Sakera sebelumnya dikenal sebagai langganan juara di kelas Underbone 150 cc, namun musim ini ia mendapat kepercayaan dari H. Putra Rizky Bustaman, pemilik tim  LFN HP969  untuk turun di kelas Sport 250 cc.

Pembuktian Robby Sakera, Tak hanya Jago Underbone

Dengan tunggangan Yamaha YZF-R3, Robby membuktikan dirinya mampu bersaing di kelas yang lebih tinggi, bahkan langsung meraih podium juara di race-2 MRS seri perdana.

Dukungan Tim dan Peran Penting Robert Cong

Setting Motor Khusus dan Adaptasi Cepat

Robert Cong, selaku chief mechanic dari tim Yamaha LFN HP969 Global Ondolomon, mengungkap bahwa tidak ada perubahan besar pada mesin. Spesifikasi mesin tetap mengacu pada standar Asia Road Racing Championship (ARRC), hanya saja ada penyesuaian kompresi untuk bahan bakar lokal.

Robert Cong (Kiri): Cepat Adaptasi

“Fokus kami justru pada setup suspensi dan body motor. Karakter ban juga berbeda, sehingga kami harus melakukan pendekatan baru,” ungkap Robert Cong.

Menariknya, Robby mampu cepat beradaptasi dengan karakter motor sport yang jauh berbeda dari underbone, terutama pada teknik pengereman dan bukaan gas.

Latihan Fisik Intens di Doni Racing School (DRS)

Persiapan Serius Selama Bulan Ramadan

Kesuksesan Robby juga tak lepas dari latihan fisik dan teknik intensif bersama mentor Doni Ramadhani di Doni Racing School (DRS). Bahkan selama bulan Ramadan, Robby tetap disiplin menjalani program latihan.

Robby Sakera Intens Latihan di Doni Racing School

“Dia aktif latihan sejak 2023, tapi menjelang MRS dan ARRC, latihan makin intens. Saya tahu betul karakter Robby, dia punya ambisi besar jadi yang terbaik,” jelas Doni.

Target Berikutnya: Asia Road Racing Championship 2025

Robby Sakera tak berhenti di Mandalika. Podium ini menjadi batu loncatan untuk tampil maksimal di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024, tepatnya di kelas Asia Production 250 cc (AP250).

Dengan talenta, semangat, serta dukungan tim dan pelatih yang solid, Robby berpotensi menjadi salah satu pembalap Indonesia paling berprestasi di kancah internasional.

Kemenangan Robby Sakera di Mandalika bukan sekadar keberuntungan, melainkan hasil dari kombinasi kerja keras, persiapan matang, dan strategi teknis yang jitu. Perpindahannya dari kelas underbone ke sport 250 cc sukses menjadi cerita inspiratif di dunia balap motor Indonesia.

Latest Posts