Otoinfo.id – Mitos atau fakta, motor matik memiliki fitur side stand switch, yang memungkinkan mesin mati secara otomatis saat standar samping diturunkan. Namun, sebagian pengendara menggunakannya sebagai cara utama untuk mematikan motor.
Pertanyaannya: Apakah cara ini bisa membuat aki soak? Jawabannya ya, jika kunci kontak tetap dalam posisi “ON” setelah standar samping diturunkan.
Kenapa Mematikan Motor dengan Standar Samping Bisa Menguras Aki?
- Sistem Kelistrikan Tetap Aktif
✅ Lampu dan sistem pengapian masih menyala walaupun mesin mati.
✅ Daya aki terus digunakan, menyebabkan aki lebih cepat soak. - Tidak Memutus Arus Listrik Secara Total
✅ Side stand switch hanya mematikan mesin, bukan seluruh kelistrikan.
✅ Jika kunci kontak tetap “ON”, daya terus tersedot dari aki. - Perbandingan dengan Engine Kill Switch
✅ Engine Kill Switch pada motor sport juga hanya mematikan mesin.
✅ Jika kunci tidak dimatikan, efeknya sama: aki lebih cepat soak. - Penyebab Lain Aki Cepat Soak
✅ Kabel kelistrikan longgar atau korsleting.
✅ Umur aki yang sudah tua atau kurang perawatan.
Solusi agar Aki Tetap Awet
- Gunakan kunci kontak untuk mematikan motor setelah menurunkan standar samping.
- Hindari meninggalkan motor dalam posisi “ON” tanpa mesin menyala.
- Lakukan servis rutin di bengkel resmi Honda AHASS agar sistem kelistrikan tetap optimal.
Baca Juga:Â Tips Menggunakan Fitur ABS Honda CBR150R untuk Pengereman Lebih Aman dan Efektif
Honda ADV160: Skutik Canggih dengan Sistem Kelistrikan Modern
Mitos atau fakta, Bagi pengendara yang ingin motor tangguh dengan fitur modern, Honda ADV160 bisa jadi pilihan tepat!
- Mesin 160cc eSP+, bertenaga dan efisien bahan bakar.
- Honda Selectable Torque Control (HSTC), mengurangi risiko ban selip di berbagai medan.
- Panel meter digital & USB charger, membuat perjalanan semakin nyaman.
- Suspensi twin subtank & ban semi dual-purpose, cocok untuk kondisi jalanan basah maupun kering.
Honda ADV160 memberikan kenyamanan berkendara tanpa perlu khawatir akan kelistrikan motor yang berlebihan.