Otoinfo.id – Performa mobil bekas kesayangan bisa menurun drastis hanya karena satu komponen kecil yang sering diabaikan: filter udara. Padahal, komponen ini punya peran vital dalam menyaring udara bersih ke dalam ruang bakar mesin. Bila dibiarkan kotor, dampaknya bisa merambat hingga ke sektor mesin yang jauh lebih mahal biayanya.
Menurut Dedi Santoso, Kepala Bengkel Honda Kencana Kranji, Bekasi, masih banyak pemilik mobil yang hanya membersihkan filter udara tanpa menggantinya secara berkala.
Efek Buruk Filter Udara yang Tidak Pernah Diganti
Tarikan Mesin Jadi Berat
Filter yang terlalu kotor akan menyempitkan aliran udara ke dalam ruang bakar. Alhasil, mesin terasa berat, tenaga berkurang, dan akselerasi tidak responsif.
Ruang Bakar Penuh Kerak Karbon
Kondisi ini membuat campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang. Akibatnya, timbul kerak karbon di ruang bakar. Dalam jangka panjang, kerak ini akan menyebabkan piston cepat aus dan membuat mesin cepat rusak.
“Filter udara yang gak pernah diganti malah menimbulkan masalah di mesin,” kata Dedi.
Baca Juga: 5 Tips Penting Rawat Mobil Usai Perjalanan Jauh, Nomor 3 Sering Diabaikan!
Dampak Paling Nyata: Boros BBM dan Mesin Bisa Boncos
Filter udara yang kotor juga memicu konsumsi BBM jadi jauh lebih boros. Karena udara yang masuk tak maksimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan pasokan bahan bakar. Ini membuat pembakaran makin tidak efisien.
“Bisa bikin mobil boros bahan bakar juga, jadinya bisa boncos,” lanjut Dedi.
Kapan Harus Ganti Filter Udara?
Idealnya, filter udara diganti setiap 20.000–25.000 kilometer, tergantung kondisi jalan dan pemakaian. Jangan tergoda untuk terus menerus hanya membersihkan filter, apalagi jika mobil sering melewati jalur berdebu.
Baca Juga: Tips dan Trik Menyiapkan Motor untuk Yamaha Sunday Race
Filter udara yang tampak sepele justru bisa menjadi biang kerok kerusakan besar jika tidak diganti secara berkala. Jangan sampai niat menghemat malah membuat kamu harus keluar biaya mahal untuk memperbaiki mesin. Ganti filter udara secara rutin agar performa tetap maksimal dan dompet tetap aman!
More Stories
Tak Banyak yang Tahu! Ini Waktu yang Tepat Ganti Klakson Motor atau Mobil
Cuma Modal Perawatan Ringan, Aki Motor Bekas Bisa Awet Bertahun-Tahun!
Bodi Motor Doff Bisa Kinclong! Ini Cara Ubah Jadi Glossy Pakai Amplas Halus, Gak Perlu Cat Ulang Total