Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HeadlineRacing

Exrider Indonesia Resmi Dideklarasikan di Semarang, Momentum Kebersamaan dari Berbagai Provinsi

HeadlineRacing

Catatan Penting Ziear Racing Team, Tim Pendatang Baru Langsung Kunci Gelar Asia!

HeadlineRacing

Sprocket Koizumi Dipakai di Ohvale, Bukti Support Pembalap Muda di FIM MiniGP Indonesia Series 2025

HondaInfo

Astra Motor Yogyakarta Resmikan New Honda ADV160 dengan Teknologi Canggih Honda RoadSync — Skutik Petualang Premium yang Siap Taklukkan Jalanan!

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > Tips > Aki Kering vs Aki Basah: Mana yang Lebih Awet?
Tips

Aki Kering vs Aki Basah: Mana yang Lebih Awet?

Wawan
Last updated: 15/08/2025 09:12
By Wawan
3 Min Read
Aki Kering vs Aki Basah: Mana yang Lebih Awet? Ahli Bongkar Fakta yang Jarang Diketahui
Aki Kering vs Aki Basah: Mana yang Lebih Awet? Ahli Bongkar Fakta yang Jarang Diketahui
SHARE

Otoinfo.id – Di dunia otomotif, aki menjadi salah satu komponen vital untuk menghidupkan mesin kendaraan. Saat ini, ada dua jenis aki yang paling umum ditemui di pasaran, yaitu aki kering (maintenance free/MF) dan aki basah (konvensional). Pertanyaannya, mana yang sebenarnya lebih awet?

Contents
  • Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah
  • Aki Basah Bisa Lebih Awet, Tapi Ada Syaratnya
  • Kenapa Aki Kering Kadang Lebih Tahan Lama
  • Pilih Aki Sesuai Karakter Pengguna
  • About The Author
    • Wawan

Menurut Heru Darmawan, Production & Quality Department Head PT Trimitra Baterai Perkasa, keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, faktor perawatan menjadi penentu utama umur pakainya.

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Aki kering (MF) adalah jenis aki yang tidak memerlukan penambahan air aki secara berkala. Cairan elektrolit di dalamnya disegel dan hanya mengandalkan jumlah yang sudah ada sejak awal produksi.

Sementara aki basah adalah jenis konvensional yang menggunakan air aki dan harus diisi ulang secara berkala agar tetap optimal. Ketinggian air aki harus selalu berada di antara batas atas dan batas bawah yang ditandai pada kemasan.

Baca Juga: MotoGP Austria 2025: Sistem Kontrol Stabilitas Resmi Debut, Fitur Canggih Anti-Highside

Aki Basah Bisa Lebih Awet, Tapi Ada Syaratnya

Heru menjelaskan, dalam penggunaan normal, aki basah bisa lebih awet dibandingkan aki kering, asalkan dirawat dengan benar. Perawatan tersebut meliputi pengecekan rutin dan pengisian air aki sesuai standar.

Sayangnya, kebiasaan ini sering diabaikan pemilik kendaraan. Banyak yang membiarkan air aki berkurang hingga di bawah batas minimal, sehingga mempercepat kerusakan. Posisi aki yang sulit dijangkau di beberapa mobil juga membuat pemilik malas melakukan pengecekan.

Kenapa Aki Kering Kadang Lebih Tahan Lama

Meskipun secara teori aki basah yang terawat bisa lebih awet, kenyataannya untuk pemilik kendaraan yang malas melakukan perawatan, aki kering justru bisa lebih panjang umur.

Pasalnya, aki kering tidak memiliki lubang pengisian air aki, sehingga pemilik tidak perlu repot melakukan penambahan cairan. Namun, cairan di dalam aki MF juga bisa mengalami penguapan seiring waktu, walau tidak sebanyak aki basah. Hal inilah yang membatasi usia pakainya.

Baca Juga: Fakta Menarik Alexander Al Malik: Rider Belia Asal Bandung yang Didukung Penuh Sang Kakak hingga Raih Podium MiniGP!

Pilih Aki Sesuai Karakter Pengguna

Kesimpulannya, aki basah cocok bagi pemilik kendaraan yang rajin melakukan pengecekan dan perawatan. Sedangkan aki kering lebih pas untuk mereka yang ingin praktis tanpa repot isi ulang air aki.

Seperti yang disarankan Heru, pilihlah aki sesuai karakter dan kebiasaan penggunaan, agar performa kendaraan tetap optimal dan umur pakai aki bisa maksimal.

About The Author

Wawan

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:aki basahaki keringaki konvensionalaki MFaki mobilAki motoraki tahan lamadaya tahan akiperawatan akiperbedaan aki
Share This Article
Facebook Email Copy Link

You Might Also Like

Cara Merawat Honda SmartKey Yang Baik dan Benar
InfoTips

Tips Honda: Cara Merawat Honda SmartKey Yang Baik dan Benar

By Sandy
27/07/2023
Klep motor bocor
HeadlineTips

Bagaimana Sih Klep yang Bocor pada Motor Honda? Yuk Kenali Ciri-Ciri nya !

By otoinfo
07/07/2022
Inovasi Lokal! LFK Hartindo AF31 - Pemadam Api Khusus untuk Baterai Lithium Kendaraan Listrik
InfoTips

Inovasi Lokal! LFK Hartindo AF31 – Pemadam Api Khusus untuk Baterai Lithium Kendaraan Listrik

By Oktavian Khairul
11/05/2024
HeadlineTips

Ganti Oli Mobil Di Bengkel Jangan Semprot Pakai Kompresor, Ini Akibat Buruknya!

By otoinfo
01/10/2019
Cara Membuat Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB
Tips

Cara Membuat Surat Kuasa untuk Pengambilan BPKB

By otoinfo
12/11/2023
HeadlineTips

Tips: Honda BeAT Injeksi Sering Mati Mendadak? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

By otoinfo
14/04/2022

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password