Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Generasi Kedelapan Toyota Corolla (E110; 1995): Mesin Aluminium 1ZZ-FE & Evolusi Global

Generasi Kedelapan Toyota Corolla (E110; 1995): Mesin Aluminium 1ZZ-FE & Evolusi Global

Generasi Kedelapan Toyota Corolla (E110; 1995): Mesin Aluminium 1ZZ-FE & Evolusi Global

Otoinfo.id – Toyota Corolla generasi kedelapan, dengan kode bodi E110, resmi diproduksi mulai Mei 1995. Meski desainnya hanya mengalami sedikit perubahan dibandingkan Corolla E100, model ini tetap mempertahankan citra Corolla sebagai mobil kompak yang andal, irit, dan nyaman.

Ciri khas E110 adalah desain yang lebih modern dengan bodi membulat, tetapi tidak meninggalkan karakter generasi sebelumnya. Toyota masih bermain aman dalam hal visual, namun memberikan banyak pembaruan di sisi teknologi mesin dan varian global.

Mesin Baru 1ZZ-FE: Lebih Ringan dan Modern

Salah satu inovasi besar di generasi ini adalah hadirnya mesin 1ZZ-FE pada tahun 1998 di beberapa pasar di luar Jepang. Mesin ini menggunakan blok mesin aluminium dengan kepala silinder aluminium, menjadikannya lebih ringan dibanding mesin seri A sebelumnya yang masih menggunakan blok besi tuang.

Kelebihan mesin 1ZZ-FE antara lain:

  • Bobot lebih ringan → efisiensi bahan bakar meningkat.
  • Performa tetap responsif untuk penggunaan harian.
  • Lebih ramah lingkungan karena memenuhi standar emisi baru.
Baca Juga:  Kejayaan Toyota! Kijang Innova Pimpin Penjualan, Zenix HEV Rajai Elektrifikasi

Perubahan ini menandai langkah Toyota untuk masuk ke era mesin modern dengan material yang lebih efisien.

Baca Juga: Generasi Ketujuh Toyota Corolla (E100; 1991): Transformasi Aerodinamis Era 90-an

Corolla Global: Satu Nama, Banyak Wajah

Generasi kedelapan Corolla menjadi titik awal strategi Toyota dalam mendiferensiasi desain untuk pasar yang berbeda.

  • Amerika Utara → Corolla E110 baru diluncurkan pertengahan 1997 sebagai model 1998, dengan gaya depan dan belakang khusus yang berbeda dari versi Jepang.
  • Eropa & Australasia → Menerima varian desain tersendiri sesuai selera lokal.
  • Pakistan → Produksi Corolla E110 dihentikan pada November 1998.
  • Global → Produksi Corolla E110 berakhir pada Maret 2002, sebelum digantikan generasi berikutnya.
Baca Juga:  Wow! Inilah Desain Mewah Motor Honda Stylo 160 ABS yang Akan Membuat Anda Terpesona

Chevrolet Prizm: Kolaborasi Toyota & General Motors

Mulai generasi ini, General Motors yang sebelumnya memasarkan Geo Prizm (rebadge Toyota Sprinter) mengganti namanya menjadi Chevrolet Prizm setelah merek Geo dihentikan. Hal ini memperlihatkan bagaimana Toyota Corolla menjadi basis penting untuk kolaborasi lintas merek di pasar Amerika.

Baca Juga: Dibalik Performa Tangguh: 10 Tips Perawatan Toyota Corolla agar Awet dan Tetap Prima

Baca Juga:  Generasi Kesembilan Toyota Corolla (E120, E130; 2000): Desain Lebih Berani, Hadirkan Corolla Altis & Fielder

Corolla E110: Tangguh, Irit, dan Populer di Era 90-an

Dengan kombinasi desain yang membulat, teknologi mesin modern, serta adaptasi global yang luas, Corolla E110 sukses mempertahankan popularitas Corolla di pasar internasional. Mobil ini tetap dikenal sebagai pilihan praktis, hemat, dan tahan lama, ciri khas yang membuat Corolla terus dicintai hingga kini.

Generasi kedelapan Toyota Corolla E110 (1995–2002) adalah salah satu tonggak penting dalam sejarah Corolla. Dengan peralihan ke mesin aluminium 1ZZ-FE, strategi desain berbeda di tiap pasar, hingga kolaborasi dengan General Motors, Corolla E110 membuktikan dirinya sebagai mobil kompak global sejati.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.