Otoinfo – Inverted Front Suspension adalah tipe suspensi depan yang digunakan dalam sepeda motor, di mana posisi konvensional dari komponen-komponen suspensi dibalik. Dalam suspensi konvensional, peredam (shock absorber) biasanya terletak di bawah garpu (fork), sedangkan dalam Inverted Front Suspension, peredam ditempatkan di atas garpu. Honda adalah salah satu produsen sepeda motor yang menggunakan teknologi ini dalam beberapa model mereka.
Salah satu motor yang menggunakan fitur Inverted Front Suspension adalah Honda CBR150R, ini terlihat dalam postingan Astra Honda Motor DIY (Honda Istimewa Id) berikut ini.
Kelebihan Fitur Inverted Front Suspension
Baca Juga: Throttle by Wire: Teknologi Honda Akselerasi Motor Lebih Responsif
Stabilitas dan Respons yang Lebih Baik
Suspensi terbalik memiliki berat peredam yang lebih rendah dan lebih dekat dengan sumbu roda. Hal ini menghasilkan pergerakan yang lebih baik dan respons yang lebih akurat terhadap perubahan kondisi jalan. Ini dapat memberikan rasa kenyamanan yang lebih baik bagi pengendara dan juga menghasilkan penanganan yang lebih baik terutama dalam pengendaraan agresif atau pada kecepatan tinggi.
Pengurangan Beban Suspensi
Dengan peredam di atas garpu, beban yang diterima oleh komponen suspensi bisa lebih baik dibagi dan dikelola. Ini dapat mengurangi tekanan pada komponen suspensi, sehingga meningkatkan umur pakai dan kinerjanya.
Estetika dan Desain
Suspensi terbalik memberikan tampilan yang lebih modern dan agresif pada sepeda motor. Desain ini juga memungkinkan ruang yang lebih baik untuk penggunaan komponen lain, seperti rem besar atau bagian depan yang lebih ramping.
More Stories
Heroik! Arai Agaska Podium 1, Indonesia Raya Menggema di Hungaria
Terbongkar! Ini Kelebihan Mangkok Kopling Racing di Motor Matic, Jangan Salah Pilih!
Spesifikasi & Warna Baru Honda BeAT 2025, Tampil Makin Keren! Cek Harga Terbarunya di Sini