Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Irit Mana? Perbedaan Konsumsi BBM Honda PCX 160 dan NMAX 155

Irit Mana? Perbedaan Konsumsi BBM Honda PCX 160 dan NMAX 155

Otoinfo – Konsumsi bahan bakar adalah faktor penting dalam memilih sepeda motor. Saat Anda dihadapkan pada pilihan antara Honda All New PCX 160 dan All New NMAX 155, mungkin Anda bingung. Kedua motor ini memiliki spesifikasi, performa, fitur, dan harga yang serupa. Namun, mana yang lebih irit Konsumsi BBM Honda PCX 160 atau Nmax 155 Seberapa besar perbedaannya?

Kedua motor diuji dalam kondisi penggunaan sehari-hari, dengan pengemudi yang mengendarainya tanpa batasan kecepatan dan cenderung agresif. Perlu diingat bahwa jika Anda mengendarai keduanya dengan lebih halus, Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih hemat bahan bakar. Kedua motor ini menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar dan dikendarai oleh pengemudi dengan berat badan 65 kg.

Mesin eSP+ 157 cc yang Efisien di All New PCX 160

All New PCX 160 dilengkapi dengan mesin baru eSP+ berkapasitas 157 cc yang telah menggunakan 4 katup. Kapasitas mesinnya ditingkatkan dengan bore piston sebesar 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Rasio kompresinya tinggi, yaitu 12:1, dan dilengkapi dengan throttle body 28 mm, yang 2 mm lebih besar daripada PCX 150.

Hasilnya, motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 15,8 dk pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Secara mengejutkan, PCX 160 tetap sangat efisien dalam konsumsi bensin. Hasil uji coba menunjukkan bahwa PCX 160 mampu mencapai rata-rata 42,2 km/liter. Angka ini lebih irit daripada NMAX 155, yang memiliki konsumsi bensin rata-rata sekitar 39,5 km/liter.

Teknologi VVA dan Performa Unggul Pada All New NMAX 155

All New NMAX 155 juga menggunakan 4 katup pada kepala silindernya dan telah mengadopsi teknologi VVA (variable valve actuation). Mesin NMAX memiliki kapasitas 155 cc dengan bore x stroke sebesar 58 x 58,7 mm. Rasio kompresinya adalah 11,6:1, dan sistem pendinginan menggunakan radiator.