Ade Taruna (Manager TJM Racing); Bukan Sekedar Prestise, Tanpa Soul!

Rudyanto Wijaya (Kiri); Peduli KOrban Gempa Palu, Donggala dan Sigi

OtoInfo.Id-Dalam sebuah tim, ada peran vital dari seorang manager. Era balap modern dan professional, manager bukanlah sekedar ‘basa-basi’. Dari sekian nama beken manager tim dibalap nasional, Ade Taruna boleh masuk kategori pilihan dan inspirasi. Pria yang bernama lengkap Rudi Arianto itu punya segudang pengalaman memanage sebuah tim dengan segala dinamikanya,”Tahun 2001 jadi manager sekaligus pembalap tim sendiri sampai tahun 2006. Tahun 2005 sampai 2008 manager tim Yamaha Zhipeng Bandung dan sejak tahun 2010 dipercaya jadi manager tim TJM Racing,”buka Ade San-sapaan akrab pria kelahiran 8 Maret 1976 itu.

Ade Taruna-Tingkatkan kemampuan diri

Dalam kurun waktu itu, suami dari Thalia Angggrita itu telah berperan menghantarkan sukses tim dan karier pembalap. Dalam catatan Ade, ada sekitar 19 pembalap yang pernah ‘dikawal’,”Acong Taruna, Fikri Taruna, Tomi Patria, Faezi Juniardhit, Asep Kancil, Rafid Topan, Irwan Adriansyah, Gilang Pranata Sukma, Ferlando Herdian, Hadi Wijaya, Fitriansyah Kete, Rey Ratukore, Galang Hendra, M. Zaki, Rusman Fadhil, Imanuel Putra, Amggi Setiawan,”rinci Ade yang pernah merasakan langsung atmosfer balap dari tahun 1998 samapai 2006. Bagi Ade jadi manager tim bukan sekedar prestise,”Terpenting adalah jiwa, apalagi tantangannya memang nggak mudah,”ujar Ade yang humble itu.

Pun begitu, Ade tetap merasa dan wajib terus belajar,”Tuntutannya harus mampu meningkatkan kemampuan interpersonal sebagai manager tim,”ujar Ade. Wahyu Rusmayadi, manager Yamaha Racing Indonesia (YRI) menambahkan,”Seorang manager harus punya kecakapan management, race management, sponshorsip, pengetahuan technical, juga PR dan sosial media,”urainya. Mantap! Wawan