Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Aksesori Yamaha XSR 125: Knalpot Akrapovic yang Bikin Iri!

Aksesori Yamaha XSR 125 Knalpot Akrapovic yang Bikin Iri!

Otoinfo.id Yamaha XSR dengan desain retro kini diekspor ke seluruh dunia dengan berbagai penyesuaian sesuai regulasi masing-masing negara. Contohnya, di Jepang, XSR 155 diubah menjadi XSR 125 dengan kapasitas mesin lebih kecil, yakni 125 cc, sesuai regulasi motor pemula di negara tersebut.

Untuk menambah daya tarik, Yamaha menawarkan beragam aksesori resmi XSR melalui jaringan dealer Y’s Gear. Aksesori ini bikin iri pengguna Yamaha XSR 155 di Indonesia, karena menawarkan beberapa part yang berbeda. Yuk, kita simak detailnya!

Secara konsep, aksesori XSR di Jepang dan Indonesia memang mirip, seperti cafe racer kit. Beberapa part seperti bikini fairing, jok model hornet, hingga setang yang lebih menunduk juga dijual di Indonesia. Namun, yang membedakan adalah Y’s Gear di Jepang berkolaborasi dengan merek aftermarket ternama untuk part XSR 125.

Beberapa aksesori yang dijual di Jepang antara lain handle kopling dari Active, windshield dari Daytona, serta knalpot buatan Akrapovic. Knalpot berbahan titanium ini memiliki desain yang ringkas khas motor retro. Harganya cukup menguras kantong, yakni sekitar 172.700 Yen atau setara Rp 18.374.612. Meski mahal, kualitas dan reputasi Akrapovic tentu membuat pengguna XSR 125 tergoda untuk memilikinya.

Desain knalpot Akrapovic ini sangat keren, dengan silencer pendek dan dilengkapi DB killer yang membuat suaranya lebih halus. Menariknya, aksesori seperti knalpot aftermarket sekarang jarang dijual resmi oleh pabrikan seperti Yamaha, berbeda dengan beberapa tahun lalu.

Baca Juga:  Citroen C3 Aircross! SUV Eropa Mesin Turbo yang Lebih Murah dari Avanza, Kini Jadi Incaran Banyak Orang

Dulu, Yamaha Indonesia sempat menjual knalpot aftermarket resmi untuk model seperti Yamaha R25 dan MT-15, hasil kolaborasi dengan Sakura dan Akrapovic. Namun, regulasi suara dan emisi knalpot yang belum jelas di Indonesia membuat Yamaha ogah menjualnya lagi. Di Jepang, regulasi ini lebih ketat namun jelas, di mana knalpot aftermarket bebas dijual asalkan lulus pengujian JMCA.

JMCA (Japan Motorcycle Accessories Association) adalah asosiasi produsen aksesori motor di Jepang yang bertugas menguji knalpot aftermarket agar sesuai dengan regulasi. Penasaran bagaimana knalpot aftermarket diuji oleh JMCA? Nantikan ulasan berikutnya!

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.