Otoinfo – Skuter Maxi kini menjadi tren di Filipina. Kenyamanan posisi duduk mirip dengan sepeda cruiser dan kemudahannya dalam penggunaan dengan operasi twist-and-go telah membuatnya sangat populer. Namun, merek-merek terkenal seperti Yamaha dan Honda harganya jauh di atas, yang membuatnya sulit dijangkau bagi banyak orang. Tapi Suzuki memutuskan untuk mengambil arah yang berbeda dengan Suzuki Brugman Street. Ayo kita telusuri detailnya.
Tampilan Suzuki Brugman Street
Pada pandangan pertama, bagi mata yang tak terlatih, mungkin terlihat seperti skuter Maxi biasa. Brugman Street memiliki beberapa garis desain yang mirip dan finishing matte yang kini populer di kalangan skuter Maxi.
Skuter ini dilengkapi lampu LED di bagian depan dan belakang, meskipun lampu seinnya masih menggunakan teknologi halogen. Namun, kinerjanya cukup baik. Terdapat juga windshield yang memberikan nilai tambah, meskipun sejujurnya, Anda mungkin tidak akan melaju begitu kencang sehingga membutuhkannya.
Secara keseluruhan, Brugman Street terlihat lebih besar daripada ukuran mesinnya, dan gaya skuter Maxi-nya sangat kentara. Desainnya memiliki sudut-sudut tajam yang menarik, terutama di bagian belakang dan beberapa di bagian depan.
Namun, penampilan grab rail belakang yang memiliki finishing glossy sedikit membingungkan, karena terlihat seperti plastik, padahal sebenarnya terbuat dari logam.
Performa Mesin
Brugman Street dilengkapi mesin satu silinder 124 CC, dengan dua katup, empat tak, yang menghasilkan tenaga sebesar 8,5 tenaga kuda pada 7000 RPM dan torsi sebesar 10,2 newton meter pada 5000 RPM.
Mesin ini juga dilengkapi pendinginan udara dan dipasangkan dengan transmisi CVT. Dalam hal ekonomi bahan bakar, skuter ini mampu menempuh jarak 50 kilometer per liter dengan berat pengendara sekitar 70 kilogram. Ini adalah skuter hemat bahan bakar yang cocok untuk digunakan di tengah kemacetan kota maupun di jalan bebas hambatan.
Sistem Pengereman dan Suspensi
Brugman Street dilengkapi sistem pengereman yang terdiri dari cakram di bagian depan dan tromol di bagian belakang. Suzuki juga menyertakan sistem pengereman kombinasi yang mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan menggunakan satu tuas.
Sayangnya, skuter ini tidak dilengkapi dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS), yang tentu saja akan menjadi nilai tambah. Namun, jika ini membantu menjaga harga tetap terjangkau, itu mungkin cukup bisa dimaklumi.
Untuk kenyamanan, skuter ini memiliki suspensi teleskopik di bagian depan dan lengan ayun tunggal dengan dua suspensi di bagian belakang.
Selain itu, roda depan berukuran 12 inci, sementara roda belakang berukuran 10 inci. Meskipun ukuran roda terlihat kecil, kinerjanya cukup baik, dan ini akan kita bahas lebih lanjut nanti.
Kenyamanan dan Ergonomi
Tidak seperti kebanyakan skuter Maxi lainnya, Brugman Street memiliki kickstarter. Mesin ini juga memiliki ketinggian jok yang ramah pengendara setinggi 780 milimeter.
Sebagai referensi, saya memiliki tinggi 168 sentimeter, dan Anda dapat melihat bahwa saya masih bisa menyentuh tanah dengan jari kaki, meskipun hanya sedikit. Namun, karena bobotnya yang ringan, skuter ini sangat mudah untuk dikendalikan.
Joknya lebar, dengan tekstur kulit yang baik dan jahitan aksen merah yang menambah nilai estetis. Jok ini juga memiliki daya cengkram yang baik, sehingga Anda tidak akan merasa tergelincir saat berkendara, seperti yang mungkin terjadi pada beberapa skuter Maxi lainnya.
Bagian belakang jok juga cukup luas dan nyaman, sehingga membawa penumpang mudah dilakukan dengan ergonomi yang baik.
Di bagian kaki, Brugman Street berbeda dari kebanyakan skuter Maxi. Sementara pesaingnya memiliki footwell terpisah dengan flap bahan bakar di tengah, Brugman memiliki footwell di bawah jok.
Namun, seperti pesaingnya, Brugman memiliki posisi kaki yang cukup maju, yang memungkinkan Anda untuk bersantai. Ada juga kompartemen untuk ponsel dan soket 12 volt. Selain itu, ada pegangan yang berguna di berbagai tempat.
Di bawah jok, terdapat ruang penyimpanan sebesar 21,5 liter, meskipun tidak cukup besar untuk helm full face, itu cukup untuk helm terbuka. Tutup tangki bahan bakar berada di bagian samping, dan motor ini dapat menampung 5,6 liter bahan bakar.
Fitur dan Teknologi
Salah satu fitur menarik dari Brugman Street adalah penggunaan kunci tradisional untuk menghidupkan mesinnya. Ini mungkin tidak begitu canggih seperti kunci elektronik, tetapi dengan harga yang cukup terjangkau, ini sudah cukup memadai.
Selain itu, terdapat beberapa fitur dasar di sini, seperti cluster instrumen yang mencakup layar kalkulator digital dengan lampu latar. Cluster ini menampilkan kecepatan, tingkat bahan bakar, odometer, komputer perjalanan, dan jam.
Meskipun tidak memiliki informasi mengenai ekonomi bahan bakar, ini adalah cluster instrumen yang sederhana dan cukup untuk melihat data dasar yang Anda butuhkan.
Pengalaman Berkendara
Meskipun beratnya hanya 110 kilogram, Brugman Street terasa sangat ringan, sehingga sangat mudah untuk dikendalikan dalam lalu lintas kota. Saat melaju dengan kecepatan, Anda akan merasakan kemudahan untuk membelokkan skuter ini. Namun, perlu diingat bahwa tengkurap tengah skuter
ini memiliki kecenderungan menggores tanah jika Anda terlalu ekstrim dalam belokan. Meskipun daya tahan mesin tidak luar biasa, Anda dapat mengharapkan skuter ini mencapai kecepatan sekitar 90 kilometer per jam.
Daya yang dimilikinya memang terbatas, namun akselerasi dari 0 hingga 60 kilometer per jam cukup menerima, menjadikannya sangat cocok untuk digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari di kota. Meskipun kekurangan tenaga, Brugman Street sangat praktis. Tenaganya cukup untuk membawa Anda dari titik A ke titik B. Namun, kekurangan daya membuatnya sulit untuk melewati celah dengan cepat.
Namun, kenyamanan adalah alasan utama mengapa Anda seharusnya memilih skuter ini. Brugman Street mungkin tidak begitu nyaman seperti sepeda cruiser, tetapi dibandingkan dengan pesaingnya, skuter ini melakukan pekerjaan yang baik.
Skuter ini hanya sedikit berguncang saat melintasi jalan yang rusak, tetapi Anda tidak akan merasa terlempar dari jok jika menghadapi gundukan atau lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Dalam hal ini, kami berani mengatakan bahwa Brugman Street sama pentingnya, jika tidak lebih baik, dari Yamaha NMax.
Ini mungkin mengherankan bagi pemilik NMax, tetapi kami menemukan hal ini benar ketika mencoba Brugman Street. Skuter ini sangat ramah bagi pemula, hampir siapa pun dapat mengendarainya tanpa ketakutan, berkat kekuatan yang terbatas dan bobot yang ringan.
Selain itu, dari segi ekonomi, Brugman Street sangat hemat, baik untuk biaya pembelian maupun operasional. Dalam video ulasan ini, kami membandingkan skuter ini dengan skuter Maxi lainnya seperti Yamaha NMax, Honda PCX, dan Honda ADV, yang semuanya memiliki kapasitas mesin di atas 150 CC.
Sementara Brugman Street hanya memiliki mesin 125 CC, harganya sekitar setengah dari pesaingnya. Dengan harga sekitar 76.900 Pesos Filipina, skuter ini menawarkan nilai yang sangat baik untuk uang Anda.
Jika Anda puas dengan mesin 125 CC dan hanya membutuhkan skuter untuk perjalanan sehari-hari dari titik A ke titik B, maka tidak ada yang lebih cocok daripada Suzuki Brugman Street.
Meskipun Brugman Street memiliki keterbatasan daya, bobot ringan dan kenyamanan yang luar biasa menjadikannya pilihan yang sangat masuk akal. Selain itu, hemat biaya, baik dalam hal pembelian maupun pengoperasian. Jadi, jika Anda mencari skuter Maxi yang nyaman dan terjangkau, Brugman Street mungkin adalah pilihan yang tepat.
Suzuki Brugman Street adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari skuter Maxi hemat harga dan nyaman. Meskipun memiliki mesin 125 CC yang tidak kuat, skuter ini menawarkan kenyamanan yang luar biasa dan kemudahan pengendalian.
Dengan harga yang lebih terjangkau daripada pesaingnya, Brugman Street adalah pilihan yang bijak untuk pengendara sehari-hari yang mencari solusi transportasi yang praktis dan ekonomis.
Jadi, jika Anda menginginkan skuter Maxi yang nyaman dan hemat harga, jangan ragu untuk memberikan Suzuki Brugman Street kesempatan. Anda mungkin akan terkesan dengan apa yang ditawarkan oleh skuter ini. Otoinfo