Analisa Kualifikasi Moto3! Bagaimana David Alonso Meraih Pole Position di Le Mans

Analisa Kualifikasi Moto3! Bagaimana David Alonso Meraih Pole Position di Le Mans

Otoinfo – David Alonso melanjutkan tren positifnya di Moto3 Prancis dengan meraih pole position ketiga berturut-turut musim ini. Pembalap CFMoto Aspar ini mengamankan posisi terdepan dengan selisih tipis 0,011 detik dari rival utamanya, Daniel Holgado.

Perebutan gelar Moto3 musim ini tampaknya akan menjadi duel ketat antara Daniel Holgado dan David Alonso. Sebelum GP Prancis, Holgado, pembalap asal Valencia, memimpin klasemen sementara dengan selisih 6 poin dari Alonso, pembalap asal Kolombia.

Proses Kualifikasi yang Menantang

Lintasan Bugatti Circuit de Le Mans menjadi saksi dominasi Alonso meskipun kondisi lintasan lebih lambat dibandingkan sesi latihan pagi. Kondisi tersebut membuat para pembalap kesulitan mencatat waktu terbaik. Meskipun demikian, Alonso berhasil menaklukkan tantangan ini dan meraih pole position.

Baca Juga:   Sorotan Jorge Lorenzo! Kisah Inspiratif Marc Marquez di MotoGP Prancis 2024

Sesi kualifikasi dimulai dengan 12 pembalap yang bersaing ketat di Q1. Jacob Roulstone dari Red Bull GasGas Tech3 tampil dominan dengan catatan waktu 1:41,370 di lima menit terakhir. Selain Roulstone, Luca Lunetta, Scott Ogden, dan Tatsuki Suzuki juga berhasil lolos ke Q2 dengan catatan waktu di bawah 1:41,7.

Pertarungan David Alonso di Q2

Di Q2, David Alonso menjadi favorit untuk meraih pole position. Meskipun catatan waktu di sesi ini lebih lambat karena kondisi lintasan, Alonso mampu mengalahkan pesaingnya dengan waktu 1:40,794. Josa Antonio Rueda dan Ivan Ortola memberikan referensi awal dengan torehan waktu 1:40,8 detik.

Baca Juga:   Menghibur dan Menggelikan! Kisah Salah Ambil Motor di Moto3 Amerika

Angel Piqueras dari Leopard Racing sempat mencoba menyalip Alonso, namun harus mengganti ban kedua. Pembalap asal Belanda, Collin Veijer, sempat memimpin dengan waktu 1:40,793 sebelum mengganti ban Pirelli barunya. Namun, Alonso berhasil mencatatkan waktu terbaiknya di upaya terakhir dengan 1:40,114.

Hasil Akhir dan Posisi Start

Dengan hasil ini, Alonso dan Holgado akan memimpin grid, diikuti oleh Jose Antonio Rueda yang kembali ke lintasan setelah menjalani operasi usus buntu di Austin. Posisi selanjutnya diisi oleh Augusto Fernandez, Collin Veijer, Ivan Ortola, Joel Kelso, David Munoz, Angel Piqueras, dan Ryusei Yamanaka melengkapi posisi sepuluh besar.

Baca Juga:   David Alonso Siap Pertahankan Posisi di P2 Moto3 Spanyol