ARRC 2018 Thailand (Seri 1); AP250 (Race 1), Tarung Perdana Podium Ketiga, Mario SA Memang ‘Super’!

Mario SA In Action

OtoInfo.Id-Acung jempol buat tampilan perdana Mario Suryo Aji atau akrab disapa Mario SA. Rider belia (13 tahun) yang membela squad AHRT (Astra Honda Racing Team) sukses podium ketiga. Awal muncul dikelas Asia Production 250 cc (AP250), bocah asal Magetan, Jatim itu memang telah mencuri perhatian. Super Mario-begitu julukannya-tercatat sebagai rider termuda di kelas dengan persaingan paling seksi.  Bilang seksi, karena lebih beragam merek yang ambil bagian, tak hanya Yamaha dan Honda tapi muncul juga Kawasaki dengan besutan terbaru All  New 250Fi.

Kelas AP250 Tahun Ini Lebih Seru dan Menarik

Dari sesi pre test, Super Mario memang telah menebar ancaman bagi seniornya. Hari pertama (27/2) Mario menempati posisi ke-4 (overall) dengna best time 1:54.437. Hari kedua Mario diposisi ke-5 dan masih konstan di 1 menit 54 detik. Sesi Free Practice 1-3 (2/3) Mario sempat menempat posisi pertama di FP2 dengan catatan waktu 1:53.167. Berlanjut sampai kualifikasi, putra pasangan dari Hartoto dan Risworini ini menempati posisi ke-3. Meski masih minim pengalaman main di AP250, tapi Astra Honda Motor telah menyiapkan Super Mario sejak satu tahun lalu. Mario diber kesempatan tarung di IRS sport 250 cc meski hanya berstatus pembalap pengganti. “Race yang tak mudah, semua punya kans yang sama. Senang bisa podium ketiga di race pertama iniu,”komenat Mario sesaat sebelum podium.

Mario ‘Super’ SA-Perdana Podium Ketiga

Pastinya, pertarungan AP250 tahun ini lebih menarik dengan persaingan yang merata. Awal lap sampai akhir lap enak ditonton. Oh ya, untuk podium pertama dan kedua jadi milik rider tuan rumah yakni Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand Racing Team) podium pertama dan Muklada Sarapueh (AP Honda Racing Team). Anupab dengan pacuan R25 memang tampil dominan di seri perdana ini, sedangkan Muklada cewek pertama yang bisa podium sejak ada kelas AP250. Mantap! Wawan