Avanza Xenia Owners Ngapak (AXON) : Punya Rutinitas KOPLING dan Bakti Sosial Berkeliling!

Avanza Xenia Owners Ngapak (AXON).

Otoinfo.id – AXON merupakan komunitas yang beranggotakan para pengguna setia Avazan dan Xenia di wilayah Banyumas Raya atau Ngapak. Ngapak adalah logat yang dimiliki oleh masyarakat asli Banyumasan.

Seperti namanya, AXON sendiri terdiri dari anggota yang berada di wilayah ngapak. “Awal terbentuk dari kumpul biasa sambil kongkow-kongkow mas, dari situlah kita mulai membentuk AXON. Untuk wilayahnya meliputi Bumiayu, Ajibarang, Purwokerto, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara. Anggota saat ini ada 53,” ujar Yanto Sunardi, selaku humas AXON.

AXON Saat KOPLING.

Setelah berdiri hampir 4 tahun, AXON yang terbentuk dengan dilegalitas badan hukum pada 22 November 2015 ini punya kegiatan rutin yang biasa mereka lakukan. “Kami ada agenda setiap bulan yaitu KOPLING dan arisan, kebetulan untuk bulan Januari ini kami laksanakan di Patikraja pada 12 Januari jam 15:00,” kata Om Yanto sapaannya.

Buat yang tidak tahu, KOPLING itu artinya kopdar keliling. Jadi, para anggota AXON ini melakukan kumpul-kumpul dengan berkeliling ke tempat anggota-anggota yang tergabung. Nah, disitu juga ada arisan yang dilakukan oleh AXON Female.

AXON Female.

“AXON Female merupakan keluarga dari anggota tergabung, dimana AXON Female itu terdiri dari istri atau pacar dari anggota AXON. Dalam kegiatan KOPLING mereka biasanya mengadakan arisan dan jual beli,” terang Om Yanto. “Selain KOPLING, kami juga mengadakan jum’at berkah. Disitu kami mengumpulkan sumbangan seikhlasnya yang nantinya digunakan untuk bakti sosial,” imbuhnya.

AXON Baksos di Darul Istiqomah, Babakan, Purbalingga.

AXON sendiri memang kerap memberikan bantuan ke panti asuhan atau orang yang tidak mampu. Panti yang dituju juga berbeda-beda dari sebelumnya, jadi AXON ini memang doyan berkeliling sambil beri bantuan.

Tidak hanya itu saja, AXON masih punya kegiatan lagi. “Masih ada lagi, sesuai slogan AXON yaitu garade, solidarity, touring dan familiy. Kami biasanya melaksanakan touring seperti tahun sebelumnya ke Dieng, Guci dan Pantai Ayah, itu kami laksanakan setahun sekali,” ungkap Om Yanto yang bermukim di Purwokerto Barat dan memiliki hobi travelling serta kuliner ini.