Ada beberapa kasus, Honda All New CB150R, Sonic dn All New CBR150R mengalami bocor oli. Munculnya diketahui melalui slang pembuangan.
Ternyata, oli bocor tersebut terpantau dari pembuangan oli dekat water pump. “Padahal motor baru berjalan sekitar 7.000 km,” terang Burhan mekanik Hans Motor yang berada di Surabaya.
![](https://www.otoinfo.id/wp-content/uploads/2018/02/shaft-water-pump-all-new-cb-rawan-berkarat-baru.jpg)
Burhan sudah berkali-kali mendapat keluhan tersebut dari konsumen All New CB150R, All New CBR150R dan Soni 150R. “Mesinnya kan se-generasi,” ujar Han.
Yang jadi pertanyaan, apakah kebocoran oli tersebut bisa berakibat fatal, misalnya bercampur dengan coolant radiator. “Untungnya posisi terpisah, sehingga tidak bisa bercampur,” lanjut lelaki asal Perak, Jombang ini.
![](https://www.otoinfo.id/wp-content/uploads/2018/02/shaft-water-pump-dimodifikasi-baru.jpg)
Dari analisa, ditengarain, ke bocoran oli mesin melalui pembungan coolant karena shaft water pump. “Tidak sebagus CB150R old. Solusinya ganti shaft water pump dengan milik CB150R lama. Harus dimodifikasi sedikit. Sebab desainnya berbeda,” ucap Kriwul sapaan akrab Burhan.
![](https://www.otoinfo.id/wp-content/uploads/2018/02/ganti-seal-shaft-water-pump-juga-baru.jpg)
Nah, sekalian saja, mumpung melakukan perbaikan shat water pump, seal pada shaft water pump diganti juga. MT4
![](https://www.otoinfo.id/wp-content/uploads/2024/07/iklan-grup-artikel.png)