Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Ban Honda Revo: Minim Tubeless, Tapi Tetap Nyaman? Ini Penjelasannya!

https://www.astra-honda.com/article/motor-bebek-honda-revo-semakin-memikat-dengan-tampilan-baru

https://www.astra-honda.com/article/motor-bebek-honda-revo-semakin-memikat-dengan-tampilan-baru

Otoinfo,id – Honda Revo adalah salah satu motor bebek paling populer di Indonesia berkat konsumsi BBM-nya yang irit dan biaya perawatan yang ramah kantong. Namun, satu hal yang kerap jadi pertanyaan pengguna adalah: kenapa Honda Revo belum sepenuhnya menggunakan ban tubeless, terutama untuk varian Revo Fit?

Di tengah tren motor harian modern yang rata-rata sudah mengusung ban tubeless, Revo terkesan masih konservatif. Lalu, apakah ini mengurangi kenyamanan dan keamanannya?

Ban Tubeless vs Ban Dalam di Honda Revo

1. Ban Tubeless: Lebih Aman, Tapi Butuh Velg Cast Wheel

Ban tubeless memang lebih praktis karena jika tertusuk paku, angin keluar lebih perlahan, memberi waktu bagi pengendara untuk menepi. Namun, jenis ban ini umumnya hanya cocok digunakan pada velg tipe cast wheel (velg racing).

Sayangnya, varian Revo Fit masih menggunakan velg jari-jari (spoke wheel), sehingga tidak didesain untuk ban tubeless. Sedangkan Revo X yang sudah pakai velg racing juga masih ada yang menggunakan ban dalam dari pabrikannya.

Baca Juga: Jangan Sampai Mesin Jebol! Ini Cara Cek Sistem Pendingin Motor Honda Revo Biar Nggak Overheat

Baca Juga:  Honda PCX 160 ABS: Fitur HSTC Canggih untuk Aman di Jalanan Licin!

2. Ban Dalam: Masih Jadi Andalan di Medan Sulit

Ban dengan velg jari-jari lebih fleksibel meredam benturan dan lebih tahan di medan berbatu atau berlubang. Itulah mengapa ban dalam tetap relevan untuk pengguna Honda Revo yang beraktivitas di daerah non-perkotaan.

Kenyamanan Ban Revo Bisa Dimaksimalkan, Ini Tipsnya!

Walau belum full tubeless, bukan berarti Revo tidak bisa memberikan kenyamanan berkendara. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kenyamanan ban Revo Anda:

1. Gunakan Ban Berkualitas Tinggi

Pilih ban merek terpercaya seperti IRC, FDR, Michelin, atau Bridgestone yang punya cengkeraman bagus dan bahan karet awet. Walau masih pakai ban dalam, kualitas karet luar tetap memengaruhi redaman getaran dan keamanan.

2. Rutin Cek Tekanan Ban

Ban yang terlalu keras akan terasa tidak nyaman, sedangkan ban yang terlalu kempis bisa boros bensin dan merusak velg. Untuk Honda Revo, tekanan ideal adalah 29 psi depan dan 33 psi belakang (saat berboncengan).

Baca Juga:  Simulasi Kredit Honda BeAT Street Lengkap dengan Tabel Cicilan

3. Ganti ke Ban Tubeless? Bisa, Tapi Perhatikan Velg

Bila Anda pengguna Revo X dan ingin upgrade ke ban tubeless, pastikan velg cast wheel-nya memang mendukung teknologi tersebut. Jangan asal pasang tubeless di velg jari-jari karena berisiko bocor halus terus-menerus.

Baca Juga: Salah Pilih Bensin Bisa Bikin Mesin Revo Cepat Rusak! Ini Panduan Bahan Bakar yang Tepat

Baca Juga:  Honda Pop 110i ES, Sepeda Motor Keluarga Semi Petualangan, Cek Harganya

Rekomendasi Ban untuk Honda Revo

Merek Tipe Ban Ukuran Depan Ukuran Belakang Keterangan
IRC NR73 Ban dalam 70/90-17 80/90-17 OEM Revo Fit
FDR Genzi Tubeless 70/90-17 80/90-17 Cocok untuk Revo X
Michelin City Pro Tubeless 70/90-17 80/90-17 Daya tahan tinggi
Swallow SB135 Ban dalam 70/90-17 80/90-17 Harga terjangkau

Minim Tubeless Bukan Berarti Minim Kenyamanan

Meskipun Honda Revo, khususnya Revo Fit, belum sepenuhnya mengadopsi ban tubeless, motor ini tetap bisa memberikan kenyamanan dan keamanan selama Anda merawat ban dengan baik dan memilih komponen yang tepat.

Jika memang ingin upgrade ke ban tubeless, pastikan Anda memahami konsekuensinya, terutama soal jenis velg dan biaya tambahan. Pada akhirnya, kenyamanan Honda Revo tetap bisa dimaksimalkan, bahkan dengan ban dalam sekalipun.

Sumber: https://www.astra-honda.com/article/motor-bebek-honda-revo-semakin-memikat-dengan-tampilan-baru

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.