Otoinfo,id – Honda Revo adalah salah satu motor bebek paling populer di Indonesia berkat konsumsi BBM-nya yang irit dan biaya perawatan yang ramah kantong. Namun, satu hal yang kerap jadi pertanyaan pengguna adalah: kenapa Honda Revo belum sepenuhnya menggunakan ban tubeless, terutama untuk varian Revo Fit?
Di tengah tren motor harian modern yang rata-rata sudah mengusung ban tubeless, Revo terkesan masih konservatif. Lalu, apakah ini mengurangi kenyamanan dan keamanannya?
Ban Tubeless vs Ban Dalam di Honda Revo
1. Ban Tubeless: Lebih Aman, Tapi Butuh Velg Cast Wheel
Ban tubeless memang lebih praktis karena jika tertusuk paku, angin keluar lebih perlahan, memberi waktu bagi pengendara untuk menepi. Namun, jenis ban ini umumnya hanya cocok digunakan pada velg tipe cast wheel (velg racing).
Sayangnya, varian Revo Fit masih menggunakan velg jari-jari (spoke wheel), sehingga tidak didesain untuk ban tubeless. Sedangkan Revo X yang sudah pakai velg racing juga masih ada yang menggunakan ban dalam dari pabrikannya.
Baca Juga: Jangan Sampai Mesin Jebol! Ini Cara Cek Sistem Pendingin Motor Honda Revo Biar Nggak Overheat
2. Ban Dalam: Masih Jadi Andalan di Medan Sulit
Ban dengan velg jari-jari lebih fleksibel meredam benturan dan lebih tahan di medan berbatu atau berlubang. Itulah mengapa ban dalam tetap relevan untuk pengguna Honda Revo yang beraktivitas di daerah non-perkotaan.
Kenyamanan Ban Revo Bisa Dimaksimalkan, Ini Tipsnya!
Walau belum full tubeless, bukan berarti Revo tidak bisa memberikan kenyamanan berkendara. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kenyamanan ban Revo Anda:
1. Gunakan Ban Berkualitas Tinggi
Pilih ban merek terpercaya seperti IRC, FDR, Michelin, atau Bridgestone yang punya cengkeraman bagus dan bahan karet awet. Walau masih pakai ban dalam, kualitas karet luar tetap memengaruhi redaman getaran dan keamanan.
2. Rutin Cek Tekanan Ban
Ban yang terlalu keras akan terasa tidak nyaman, sedangkan ban yang terlalu kempis bisa boros bensin dan merusak velg. Untuk Honda Revo, tekanan ideal adalah 29 psi depan dan 33 psi belakang (saat berboncengan).
3. Ganti ke Ban Tubeless? Bisa, Tapi Perhatikan Velg
Bila Anda pengguna Revo X dan ingin upgrade ke ban tubeless, pastikan velg cast wheel-nya memang mendukung teknologi tersebut. Jangan asal pasang tubeless di velg jari-jari karena berisiko bocor halus terus-menerus.
Baca Juga: Salah Pilih Bensin Bisa Bikin Mesin Revo Cepat Rusak! Ini Panduan Bahan Bakar yang Tepat
Rekomendasi Ban untuk Honda Revo
Merek | Tipe Ban | Ukuran Depan | Ukuran Belakang | Keterangan |
---|---|---|---|---|
IRC NR73 | Ban dalam | 70/90-17 | 80/90-17 | OEM Revo Fit |
FDR Genzi | Tubeless | 70/90-17 | 80/90-17 | Cocok untuk Revo X |
Michelin City Pro | Tubeless | 70/90-17 | 80/90-17 | Daya tahan tinggi |
Swallow SB135 | Ban dalam | 70/90-17 | 80/90-17 | Harga terjangkau |
Minim Tubeless Bukan Berarti Minim Kenyamanan
Meskipun Honda Revo, khususnya Revo Fit, belum sepenuhnya mengadopsi ban tubeless, motor ini tetap bisa memberikan kenyamanan dan keamanan selama Anda merawat ban dengan baik dan memilih komponen yang tepat.
Jika memang ingin upgrade ke ban tubeless, pastikan Anda memahami konsekuensinya, terutama soal jenis velg dan biaya tambahan. Pada akhirnya, kenyamanan Honda Revo tetap bisa dimaksimalkan, bahkan dengan ban dalam sekalipun.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/motor-bebek-honda-revo-semakin-memikat-dengan-tampilan-baru
More Stories
Scoopy X Paddy Tampil Gemas di Jogja City Mall: Kolaborasi Motor dan Fashion Lokal yang Bikin Anak Muda Auto Naksir!
Panduan Perawatan CRF 150L: Rahasia Servis Awet & Sparepart Ori di Bengkel Resmi AHASS!
Efisiensi BBM CRF 150L: Seirit Apa Motor Trail Ini Saat Touring Jauh? Cek Jawabannya!