Otoinfo – PT Piaggio Indonesia (PID) telah beroperasi sejak sepuluh tahun silam. Sejak saat itu tentunya sudah banyak unit Vespa yang terjual ke konsumen. Hal ini menjadikan masyarakat Indonesia ingin juga memiliki skutik khas Italy tersebut. Vespa Matic Bekas menjadi incaran kaum muda saat ini yang ingin memiliki vespa dengan harga terjangkau.
Temukan Vespa Matic Bekas dengan Harga Terjangkau
Berdasarkan data penulusuran dari Carmudi, calon konsumen bisa mendapatkan Vespa matic harga Rp 20 jutaan bekas buatan sekitar tahun 2016 ke bawah. Terutama untuk model-model entry level, seperti Vespa LX 125 atau Vespa S 125. Dalam sebuah platform jual beli kendaraan bekas, seorang penjual di Jakarta Utara menawarkan Vespa S 125 3vie buatan tahun 2016 dengan banderol Rp 29.500.000.
Contoh lainnya, seorang penjual di Jakarta Selatan menawarkan Vespa LX 150 3vie buatan tahun 2013 dengan banderol Rp 26.000.000. Dua contoh tersebut hanya sebagian kecil dari harga pasaran Vespa matic bekas yang masuk rentang harga Rp 20 jutaan. Satu hal yang perlu dipahami ialah model-model buatan tahun lama masih menggunakan mesin 3vie, belum I-GET.
Perbedaan Mesin 3vie dan I-GET Pada Vespa Matic Bekas
Diketahui bahwa emblem 3vie yang terdapat pada model-model Vespa lawas menandakan mesinnya sudah menggunakan 3 klep. Komposisinya terdiri dari 2 klep intake dan 1 klep exhaust. Mesin Vespa I-GET juga sama-sama memiliki 3 klep. Bahkan beberapa komponennya bisa tukar pakai, seperti piston dan kepala silindernya.
Namun, mesin I-GET memiliki rancangan yang lebih menekankan terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar. Terlihat dari posisi injektor yang lebih mengarah ke klep intake. Dengan rancangan semacam ini artinya bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor bisa langsung terbakar semua. Selain itu mesin I-GET juga dilengkapi dengan sensor-sensor yang memberikan data kepada ECU, seperti halnya sensor O2 di knalpot dan sensor barometric.
Tak kalah penting, mesin I-GET juga memiliki transmisi yang lebih baik. Utamanya pada material kampas ganda yang lebih baik dan adanya alur pelumasan pada drive pulley. Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi penyakit Vespa lawas yang kerap mengalami “gredek”.
Tips Membeli Vespa Matic Bekas
Pengecekan terhadap kendaraan bekas yang hendak dibeli merupakan sesuatu yang wajar. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari mendapatkan unit yang kualitasnya kurang memuaskan.
1. Kaki-Kaki Bagian Depan Pada Vespa Matic Bekas
Keunikan skuter-skuter Vespa antara lain menggunakan suspensi depan tunggal. Hal ini perlu menjadi perhatian ketika membeli unit yang statusnya bekas.
Salah satu cara untuk mengetahui kondisinya ialah dengan mengendarainya. Jika motor terasa kurang stabil saat berbelok maka bagian ini perlu diperiksa lebih lanjut.
2. Pastikan Anak Kunci Lengkap
Produk-produk Vespa dilengkapi sistem keamanan kendaraan yang baik. Pabrikan membekali produknya dengan dua buah kunci, kunci biru dan kunci cokelat.
Pastikan kunci cokelat tersedia karena kunci tersebut memiliki chip immobilizer. Jika kunci tersebut hilang maka harus melakukan penggantian dengan biaya yang tak sedikit.
3. Periksa Engine Mounting
Engine mounting merupakan salah satu komponen yang mesti ikut dicek. Komponen ini berfungsi sebagai penyambung sekaligus bantalan antara mesin dan sasis.
Ciri-ciri engine mounting Vespa rusak antara lain muncul getaran mirip dengan yang timbul seandainya CVT bermasalah. Selain itu, engine mounting rusak juga ditandai ban belakang terasa goyang-goyang saat menikung.
4. Cek Kondisi CVT
CVT Vespa matic lawas terkenal memiliki “karakter” yang kasar. Namun, jangan sampai hal ini membuat konsumen merasa wajar dengan segala getaran yang timbul di CVT. Tetap perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan kondisi Vespa bekas yang akan dibeli sesuai dengan harapan.
Jadi, jika Anda sedang mencari Vespa matic bekas dengan harga terjangkau, pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor-faktor di atas agar Anda bisa mendapatkan unit yang berkualitas. Temukan penawaran menarik di pasar motor bekas dan nikmati pengalaman berkendara dengan gaya klasik yang ikonik bersama Vespa. Otoinfo.
More Stories
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer
Proliner Clutch Spring, Solusi Tarikan Maksimal Tanpa Selip Kopling!
Geely Boyue-Series Mencetak Rekor: Terjual 2 Juta Unit dalam 107 Bulan, Mobil China Terlaris di Dunia!