Otoinfo- Terselip cerita menarik dibalik event balap lurus bertitle Black Dragbike 2024 Series Surabaya, yang digelar akhir pekan kemarin (2/03) di Sirkuit Blackstone Sidoarjo-Surabaya Jawa Timur.

Cerita itu datang dari segmen Herex 300cc, dimana bengkel asal Kediri, Jawa Timur bernama Metamorfosis, menurunkan basic pacu GL-Series berteknologi Injeksi.Wow

Sontak seisi sirkuit dibuat geger oleh keberadaan motor bernama Ice Tube itu. Dari pantauan penulis ada dua pembalap yang gaspol motor karya Muhammad Jamaludin tersebut, ada Ivan Bangun dan Joko Precil.

Dalam sebuah kesempatan, penulis berhasil menemui bro Jamal sekaligus berbincang terkait herex fenomenal tersebut. Mekanik ramah senyum itu pun menjelaskan jika motor ini dibuat atas keinginan Sang owner yang menginginkan motor yang ngga mainstream.
“Jadi ada temen yang pengin bikin motor, tapi dia kepenginya yang beda. Nah, kebetulan di Jawa Timur, Herex yang injeksi kan belum ada. Jadi, si owner itu kepingin bikin yang seperti itu.” Buka Jamal

Tentu membuat mahakarya bukanlah hal yang mudah, apalagi tidak ada acuan, pun begitu yang dialami punggawa Metamorfosis itu.
“Ya mungkin karena herex injeksi belum ada yang bikin, jadi untuk sharing nya belum ada, apalagi saya baru pertama kali bikin. Kebetulan ada beberapa temen yang main herex jadi mereka juga ikut membantu.” Imbuh Jamal

Setalah digali lebih dalam, ternyata motor tersebut mulanya diproyeksikan untuk length track 402 meter.
“Ini motor malah aslinya dibikin untuk main 402m.”
Dia juga kasih bocoran terkait spesifikasi engine nih. Pertama dari luar dulu yaa, bro Jamal kasih Throttle body berukuran 42mm, yang dipadukan dengan injektor milik Yamaha XMAX 300cc, untuk mekanisme nya masih single injektor yaaa.
Kalo stang piston-nya itu dioplos dengan milik Yamaha RXZ. Kemudian piston Moto-1 berdiameter 72mm jadi opsi.So, ketemulah kubikasi mesin 293cc.Jos
Lebih dalam, untuk sektor klep masih dual valve nih, masih seperti herex pada umumnya. Yang special adalah dibenamnkanya klep non merk dari Thailand dengan diameter 36mm untuk IN dan EX nya dikasih 31mm.
Nah untuk instrumen injeksinya, terpasang ECU merk A-Racer tipe RC- SuperX . Mengingat motor balap butuh tegangan yang optimal bin stabil, battery jenis lithium pun jadi nyawa utama Herex Injeksi Mahakarya-nya.
“Bahan bakar motor ini pakai VP mas, kita terakhir dyno horsepowernya-nya dapet 50HP dan torsinya 37Nm”. Tukas M Jamaludin
Buat kalian yang kepo terkait dapur pacu Herex Injeksi garapan M Jamaludin, kita kasih spill lengkap dibawah ini.Cekidot!!!
Piston: 72mm Merk Moto-1 Stang Piston: Yamaha RXZ Kubikasi: 293cc Valve: Non Merk (Thailand) In:36mm Ex:31mm ECU: Aracer Super-X Battery: Lithium Throttle Body: 42mm Injektor: Yamaha XMAX 300cc Kaliper: RCB Gearset: SSS Velg Depan: RCBSP22 Ban: IRC Eat My Dust ARM: VRG Knalpot: Pekajaman Stang: QTT Handgrip: RCB HP: 50hp Torsi: 37Nm Final Gear: 14/32 Terakhir Setting: 6,8 detik (201m)
More Stories
Kejurprov Balap Motor Banten 2025 Bersama Yukido, Siap Bertabur Pembalap Top!
Misteri Tim M Jordan Badaru di ARRC Mandalika, Bikin Penasaran!
Last Minute! Danial Damar Main UB150 ARRC 2025 Mandalika Gantikan Riki Ibrahim