Begini Caranya Sulap Vespa Jadi Trail

Otoinfo.id – Masih inget artikel Otoinfo.id beberapa hari yang lalu tentang The Blusukan Vespa, sebuah komunitas yang gemar edan-edanan blusukan di hutan pakai Vespa. Nah, kali ini adalah ulasan tentang tips dan trik cara modifikasi Vespa trail yang siap dihajar di trek ekstrim blusukan ala-ala komunitas ini.

Nah, apa saja yang mereka oprek, gak pake lama langsung kita simak yuk… dJansen

Baca Juga : Edan, Vespa Main Trail

Kaki-Kaki
Untuk ubahan Vespa Trabas, semua hampir sama. “Fokus utama di kaki-kaki yaitu sok breaker dan ban,” terang Bagoes DW, salah satu dedengkot komunitas.

Untuk sok depan, kebanyakan dicomot sok milik Yamaha MIO. Selain lebih stabil dibanding sok depan standar Vespa yang menganut model lengan ayun, ground clearance juga jadi lebih tinggi dengan sok ini.

Sedangkan shock belakang rata-rata masih mengandalkan sok sandart yang ditinggikan dengan dengan pasang dudukan tambahan. “Ada yang dimodif pakai sok mobil milik Suzuki Katana yang telah dioprek untuk menyesuaikan dengan dudukan sok di rangka Vespa,” ungkap Bagoes.

Bodi
Untuk bodi menyesuaikan selera dari masing-masing joki. Ada yang dipotong-potong untuk memangkas bobot supaya handling lebih ringan, tetapi ada juga yang tetap dibiarkan apa adanya. Resikonya karena bodi semok yang cenderung lebar, ketika melalui trek yang sempit bakalan sedikit mengalami kesulitan.

Tetapi mau dipotong atau standar, paling penting dan tak boleh dilupakan adalah pemasangan strut bar. Fungsi peranti ini adalah sebagai penguat rangka. Sehingga rangka tak mudah bengkok apabila dihajar di trek yang ekstrim. “Kami pakai pipa ukuran 1,5 in,” tutur Bagoes.

Setang Custom
Kita semua tahu kalau bawaan dari sononya, sistem perneling Vespa ada di stang kiri. Tapi bukan anak Vespa kalau nggak kreatif mengakali hal yang satu ini.

“Kami menggunakan stang trail tipe fatbar, tetapi bagian kiri setang dipotong dan dimodifikasi untuk sistem persneling,” papar Bagoes. Bagi anak Vespa ini dirasa lebih familier dibanding dengan sistem persneling di kaki kiri. “Pernah sih ada yang coba dimodif pasang persneling kaki, tapi justru jadi kurang lincah,” tutur Bagoes.

Dapur Pacu
Pada ruang dapur pacu, sudah pasti mesin harus di-upgrade untuk bisa mendapatkan power dan Torsi maksimal. Sebagai contoh, pinton dicomot pakai milik Yamaha RX King.

Porting polish kemudian sistem pengkabutan bahan bakar di ubah dari rotary menjadi sistem valve/membran yang nasih mencomot dari milik RX King. Magnet standard, pengapian standard dan sebagai pemasok bahan bakar dipasang karburator PE 26.

Total biaya untuk ubahan ini tsrgolong relatif murah gaess. Mulai dari bahan Vespa dengan kisaran harga 3-4 juta. Kemudian biaya modifikasi siap trabas/blusukan berkisar 3-4 juta saja. Dan itu sudah termasuk part aksesorisnya loh.

Co Tag Garage
Langenrejo RT. 08, RW. 02, Salatiga
Setiawan (085600062229)