Saturday, June 28, 2025
spot_img

Begini Fungsinya! Rahasia di Balik Honda EM1 e: Motor Listrik Ini Masih Gunakan Aki

Otoinfo – Honda EM1 e: adalah motor listrik pertama dari Honda yang resmi meluncur di Indonesia. Kendati merupakan kendaraan bertenaga listrik, ternyata motor ini masih menggunakan aki seperti pada motor konvensional. Penggunaan aki ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, apa fungsi aki pada motor listrik seperti Honda EM1 e:?

Banyak orang mungkin beranggapan bahwa kendaraan listrik tidak membutuhkan aki seperti halnya motor yang menggunakan bahan bakar fosil. Sebab, sumber tenaga utama dari kendaraan ini adalah baterai yang menyimpan arus listrik dalam jumlah besar.

Namun, kenyataannya Honda EM1 e: masih memerlukan aki 12 volt. Aki ini digunakan untuk menyuplai listrik ke beberapa komponen penting, seperti speedometer, lampu depan, lampu rem, dan lampu sein. Penggunaan aki ini bertujuan untuk memastikan komponen-komponen tersebut dapat berfungsi dengan baik, terlepas dari bagaimana motor tersebut mendapatkan sumber tenaga utamanya.

Yang menarik adalah cara pengisian aki pada motor honda ini berbeda dengan motor konvensional. Pada motor yang menggunakan bahan bakar bensin, aki 12 volt mendapatkan pasokan listrik dari spul atau generator yang menghasilkan arus listrik selama mesin hidup.

Sebaliknya, pada Honda EM1 e:, pengisian aki 12 volt ini dilakukan melalui baterai utama yang disebut Honda Mobile Power Pack. Tegangan yang berasal dari baterai ini kemudian diatur oleh sebuah komponen yang disebut down regulator, yang berfungsi untuk menurunkan tegangan agar sesuai dengan kebutuhan aki. Secara sederhana, down regulator berfungsi serupa dengan kiprok pada motor berbahan bakar bensin, yang mengubah dan mengatur arus listrik sebelum disimpan dalam aki.

Baca Juga:  Siap Memukau Anda! Honda Supra GTR 150: Motor Sporty Berperforma Tinggi

Menariknya, jenis aki yang digunakan pada motor ini sebenarnya sama dengan yang digunakan pada Honda BeAT. Spesifikasinya adalah 12 volt 3 ampere hour, dengan tipe YTZ4A, yang juga umum digunakan pada berbagai jenis skutik di Indonesia.

Namun, perlu dicatat bahwa mengganti aki pada motor listrik seperti Honda EM1 e: tidak semudah mengganti aki pada motor konvensional. Proses pelepasan aki ini memerlukan alat khusus yang hanya tersedia di bengkel resmi Honda (AHASS), sehingga pengguna tidak bisa sembarangan menggantinya sendiri.

Baca Juga:  Honda Elektrifikasi Pasar Sepeda Motor di Indonesia, Namun Tantangan Masih Terasa

Dengan demikian, meski Honda EM1 e: merupakan motor listrik, penggunaan aki 12 volt tetap menjadi bagian penting untuk mendukung fungsi-fungsi vital dari motor ini. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi motor listrik masih mengadopsi beberapa elemen dari motor konvensional untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penggunanya. Otoinfo

Latest Posts