Begini nih! Cara Kerja Yamaha Nmax Turbo yang Tak Pakai Roller

Begini nih! Cara Kerja Yamaha Nmax Turbo yang Tak Pakai Roller

Otoinfo – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Yamaha Nmax terbaru dengan embel-embel Turbo. Namun, apa yang dimaksud dengan Turbo pada skutik bongsor ini?

Antonius Widiantoro, Asisten General Manager Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan bahwa turbo pada Nmax bukanlah sistem induksi paksa yang menambah tenaga mesin dari gas buang kendaraan.

Melainkan, peningkatan performa mesin melalui teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) untuk mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.

Baca Juga:   Honda Vario 175 Siap Bersaing dengan Yamaha Aerox!

NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 Rpm.

Teknologi YECVT: Revolusi dalam Transmisi

Teknologi YECVT yang disematkan pada NMAX Turbo menggantikan sistem CVT konvensional tanpa menggunakan roller. YECVT menggunakan komponen elektronik yang bekerja fleksibel dan membantu akselerasi lebih instan.

Baca Juga:   NMAX 'TURBO': Skutik Premium Terbaru dari Yamaha

Fungsi roller pada CVT konvensional untuk menggerakkan puli primer digantikan dengan motor penggerak, sehingga proses perpindahan bisa diatur lebih efisien.

“YECVT adalah kuncinya. Fungsi roller yang biasa ada pada CVT konvensional untuk menggerakkan puli primer digantikan dengan motor penggerak.

Proses perpindahan bisa diatur, memungkinkan putaran lebih cepat dibandingkan roller konvensional yang memanfaatkan gaya sentrifugal,” ujar Antonius Widiantoro.

Keunggulan YECVT

  • Akselerasi Lebih Cepat: Penggunaan motor penggerak memungkinkan akselerasi lebih instan.
  • Efisiensi Penggunaan: Roller yang menyusut seiring pemakaian tidak lagi dibutuhkan, sehingga mengurangi periode penggantian komponen.
  • Fleksibilitas Pengaturan: Proses perpindahan dapat diatur sesuai kebutuhan, memberikan sensasi turbo yang diinginkan.
Baca Juga:   Hebatnya! All New Honda ADV 160 2024: Skuter Matic Adventure yang Diluar Biasa!

Fitur Canggih Yamaha Nmax Turbo

Riding Mode

Yamaha NMAX Turbo dilengkapi dengan fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).