Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Benelli TRK552: Penyegaran yang Dinanti dalam Kelas Petualangan 400-500cc

Benelli TRK552 Penyegaran yang Dinanti dalam Kelas Petualangan 400-500cc

OtoinfoBenelli telah memperkenalkan TRK552 sebagai penerus TRK502. Meskipun TRK502 telah melalui beberapa pembaruan, namun perkembangan di kelas petualangan 400cc hingga 500cc telah semakin pesat sejak saat itu, dengan munculnya beberapa pesaing baru yang menarik perhatian, seperti KTM 390 Adventure, CFMoto 450 MT-X/Ibex, Royal Enfield Himalayan, dan Fantic Caballero 500.

Oleh karena itu, Benelli melihat perlunya memperbarui TRK kelas menengah ini untuk tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Salah satu aspek utama yang ditingkatkan adalah mesinnya. Mesin parallel twin 549cc yang baru memiliki tenaga yang lebih besar, mencapai 61 hp pada 8.500 RPM dan torsi 54 Nm pada 6.000 RPM.

Perubahan ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan mesin lama yang dinilai kurang bertenaga jika dibandingkan dengan kompetitornya. Selain itu, dengan mengadopsi engkol 270 derajat, mesin ini meniru pengaturan waktu mesin V-twin 90 derajat, meninggalkan engkol 360 derajat yang digunakan sebelumnya.

Engkol 360 derajat pada mesin lama menyebabkan kedua piston naik dan turun secara bersamaan, sehingga dengan beralih ke engkol 270 derajat, diharapkan performa mesin dapat ditingkatkan.

Selain perubahan pada mesin, bobot TRK552 juga mengalami penurunan signifikan. Bobot basahnya kini hanya 226 kg, turun 5 kg dari model sebelumnya, sementara bobot keringnya sekitar 215 kg. Penurunan bobot ini diharapkan dapat meningkatkan manuverabilitas dan kelincahan saat berkendara di berbagai medan.

Baca Juga:  Honda Gold Wing 1800 Moge 6 Silinder yang Lebih Terjangkau dari CBR1000RR-R

Dalam hal fitur, Benelli juga melakukan beberapa perubahan yang signifikan. Lampu depan LED dan lampu sein telah menggantikan lampu halogen dan lampu pijar pada model sebelumnya, memberikan peningkatan dalam visibilitas dan gaya.

Suspensi depan dan belakang dari Marzocchi yang dapat disesuaikan memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan pengaturan suspensi sesuai dengan preferensi pengendara dan kondisi jalan.

Selain itu, penggunaan lengan ayun aluminium baru juga turut memberikan kontribusi dalam menurunkan bobot sekaligus meningkatkan stabilitas dan responsifitas saat berkendara.

Sistem pengereman juga ditingkatkan dengan menggunakan J. Juan dengan ABS saluran ganda. J. Juan sendiri kini dimiliki oleh Brembo, menambah kepercayaan pada performa pengereman.

Baca Juga:  iCar V23: SUV Listrik 4x4 Terbaru Siap Menggebrak Pasar dengan Desain Futuristik dan Performa Unggul!

Untuk tampilan dan konektivitas, layar TFT baru dengan fitur link smartphone telah menggantikan LCD lama, memberikan pengalaman yang lebih modern dan terhubung. Meskipun demikian, fitur riding mode tidak disematkan dalam model ini.

Saat ini, Benelli TRK552 (2024) telah tersedia di pasar China, dan diperkirakan akan segera dihadirkan oleh distributor lokal, MForce Holdings, ke pasar-pasar lainnya termasuk Indonesia.

Dengan segala perubahan dan peningkatan yang dilakukan, Benelli TRK552 siap bersaing dalam pasar petualangan kelas menengah yang semakin kompetitif. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.