Berjumpa Coach Fachry di Ternate, Abidin San Ungkap ‘Rahasia’ Kebugaran Fisik U-16!

Abidin San dan Coach Fachry

OtoInfo.Id-Ada hal menarik yang diungkap oleh M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat berkesempatan berdialog dengan Fachry Husaini, pelatih Timnas U-16. Abidin San-sapaan akrab M. Abidin dan pelatih bertalenta itu jumpa di acara puncak perayaan Haornas (Hari Olahraga Nasional) di Ternate, Maluku Utara (9/9). “Metode latihan modern, tetap menjaga fisik dan merendam dengan es untuk menjaga kesehatan,”ungkap Abdin San seperti yang dijelaskan Coach Fachry. Boleh jadi itu pulalah yang jadi salah satu ‘rahasia’ kebugaran fisik pemain timnas U-16. Alhasil, skuad asuhan coach Fachry sukses jadi jawara AFF U-16 setelah mengalahkan tim Thailand di babak final.

Rafid Topan dan H.A Yudhistira di PON Jabar Lalu, Direndam Air Es

Tentunya metode merendam es itu bisa juga diterapkan para rider,”Aku pernah melakukan hal itu saat PON Jabar lalu, tujuannya untuk mempercepat recovery. Alhasil, terbukti manjur dan raih medali emas pada nomor 150 cc perorangan. Hehe,”kata Rafid Topan Sucipto, pebalap yang memperkuat kontingan DKI Jakarta saat itu. Topan mengaku juga melakukan hal serupa saat berlaga di kejuraan Eropa (Moto2) pada tahun 2016.

Gandung Darmoko (Topi Merah), Memeprcepat Recovery

Gandung Darmoko pelatih fisik kenamaan yang juga didaulat jadi pelatih fisik tim DKI Jakarta pada saat itu menjelaskan,”Otot habis melakukan kerja dengan intensitas tinggi untuk kekuatan, daya tahan, kelincahan, speed, akselerasi, koordinasi dan lain-lain mengalami kelelahan. Hal itu ditandai dengan salah satunya panas tubuh naik, untuk menurunkan dengan cepat bisa merendam di air es, sehingga kondisi tubuh lebih rileks dan tentu saja menurunkan kerja otot sebelum aktifitas (kondisi bugar),”jelas Mas Gandung seraya menegaskan tentu saja lebih cepat jika dibarengi dengan istirahat pasif misal tidur.

“Saya selalu menyarankan pembalap yang latihan fisik dengan saya, setelah habis latihan fisik sangat berat untuk berendam dengan air es, ada metodenya berendam air es. Seperti apa?Rahasia ya. Hehe,”tukas Mas Gandung. Ilmu yang bermanfaat nih! Wawan