Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Biar Gak Cepat Rusak! Ini Cara Simpel Merawat Honda BeAT ala Mekanik Resmi

Biar Gak Cepat Rusak! Ini Cara Simpel Merawat Honda BeAT ala Mekanik Resmi

Biar Gak Cepat Rusak! Ini Cara Simpel Merawat Honda BeAT ala Mekanik Resmi

Otoinfo.id – Honda BeAT menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia karena irit, ringan, dan cocok digunakan sehari-hari. Namun sayangnya, banyak pemilik motor ini yang kurang memperhatikan perawatan dasar, sehingga mesinnya cepat aus bahkan bermasalah.

Agar motor tetap prima, tim mekanik dari Astra Honda Motor (AHM) membagikan beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya agar Honda BeAT kamu tetap awet dan gak gampang rusak!

Baca Juga: “Masih Bermimpi Menang, Maverick Vinales Ungkap Isi Hati di Tengah Derita MotoGP 2025!”

1. Selalu Panaskan Mesin Sebelum Berkendara

Langkah pertama yang wajib dilakukan setiap pagi adalah memanaskan mesin selama 5–7 menit. Tujuannya adalah agar oli bersirkulasi ke seluruh komponen mesin sebelum motor digunakan.

“Mesin yang tidak dipanaskan akan mengalami gesekan tanpa pelumasan optimal, ini bisa memperpendek usia komponen dalam mesin,” jelas salah satu mekanik Honda.

Baca Juga:  Honda ADV 160: Primadona Skutik dengan Kualitas Unggul dan Fitur Canggih

2. Rutin Servis Berkala di Bengkel Resmi

Meskipun terlihat sepele, servis rutin sangat berpengaruh pada performa motor. Honda merekomendasikan servis setiap 2.000 kilometer atau sesuai buku manual.

Servis biasanya mencakup penggantian oli mesin, pembersihan filter udara, pengecekan busi, hingga pemeriksaan sistem injeksi. Bengkel resmi juga memiliki alat khusus untuk membaca kondisi motor lewat ECU.

Jangan tunggu motor bermasalah dulu, servis rutin justru menghemat biaya jangka panjang.

3. Gunakan BBM Sesuai Kompresi Mesin

Honda BeAT memiliki rasio kompresi 10:1, yang artinya cocok menggunakan bahan bakar beroktan 90, seperti Pertalite. Menggunakan BBM dengan oktan terlalu rendah bisa menyebabkan mesin ngelitik, sedangkan oktan terlalu tinggi membuat pembakaran tidak maksimal.

Baca Juga:  Sering Diabaikan, 4 Tips Ini Bikin Mesin Honda BeAT Tetap Halus dan Tahan Lama

Selalu perhatikan rekomendasi bahan bakar yang tertera di buku panduan motor untuk menjaga efisiensi dan daya tahan mesin.

Baca Juga: Hujan Tiap Hari? Ini 13 Cara Ampuh Merawat Motor agar Tetap Kinclong & Mesin Awet, Nomor 7 Sering Diabaikan!

4. Cek dan Rawat ECU Secara Rutin

Sebagai motor dengan teknologi injeksi, Honda BeAT dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU). ECU ini berfungsi mengatur sistem pembakaran dan injeksi bahan bakar secara presisi.

Baca Juga:  Wajib Tahu Sebelum Beli! Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 160 yang Jarang Diungkap

Jika ada kerusakan pada ECU, motor bisa menjadi boros, susah hidup, hingga mogok di tengah jalan. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan ECU secara berkala di bengkel resmi Honda yang memiliki alat diagnostik khusus.

Gak Perlu Ribet, yang Penting Rutin!

Merawat Honda BeAT sebenarnya tidak sulit. Cukup lakukan empat langkah sederhana: panaskan mesin, servis rutin, isi BBM sesuai rekomendasi, dan periksa ECU secara berkala.

Dengan perawatan yang benar, motor kamu bukan hanya awet, tapi juga nyaman dipakai dan hemat biaya operasional.

Jadi, jangan tunggu rusak dulu! Yuk mulai rawat Honda BeAT kamu dari sekarang.

Sumber: https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-6410828/penting-begini-cara-merawat-honda-beat-biar-mesin-tetap-awet

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.