Otoinfo.id – Honda BeAT menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia karena irit, ringan, dan cocok digunakan sehari-hari. Namun sayangnya, banyak pemilik motor ini yang kurang memperhatikan perawatan dasar, sehingga mesinnya cepat aus bahkan bermasalah.
Agar motor tetap prima, tim mekanik dari Astra Honda Motor (AHM) membagikan beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya agar Honda BeAT kamu tetap awet dan gak gampang rusak!
Baca Juga: “Masih Bermimpi Menang, Maverick Vinales Ungkap Isi Hati di Tengah Derita MotoGP 2025!”
1. Selalu Panaskan Mesin Sebelum Berkendara
Langkah pertama yang wajib dilakukan setiap pagi adalah memanaskan mesin selama 5–7 menit. Tujuannya adalah agar oli bersirkulasi ke seluruh komponen mesin sebelum motor digunakan.
“Mesin yang tidak dipanaskan akan mengalami gesekan tanpa pelumasan optimal, ini bisa memperpendek usia komponen dalam mesin,” jelas salah satu mekanik Honda.
2. Rutin Servis Berkala di Bengkel Resmi
Meskipun terlihat sepele, servis rutin sangat berpengaruh pada performa motor. Honda merekomendasikan servis setiap 2.000 kilometer atau sesuai buku manual.
Servis biasanya mencakup penggantian oli mesin, pembersihan filter udara, pengecekan busi, hingga pemeriksaan sistem injeksi. Bengkel resmi juga memiliki alat khusus untuk membaca kondisi motor lewat ECU.
Jangan tunggu motor bermasalah dulu, servis rutin justru menghemat biaya jangka panjang.
3. Gunakan BBM Sesuai Kompresi Mesin
Honda BeAT memiliki rasio kompresi 10:1, yang artinya cocok menggunakan bahan bakar beroktan 90, seperti Pertalite. Menggunakan BBM dengan oktan terlalu rendah bisa menyebabkan mesin ngelitik, sedangkan oktan terlalu tinggi membuat pembakaran tidak maksimal.
Selalu perhatikan rekomendasi bahan bakar yang tertera di buku panduan motor untuk menjaga efisiensi dan daya tahan mesin.
4. Cek dan Rawat ECU Secara Rutin
Sebagai motor dengan teknologi injeksi, Honda BeAT dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU). ECU ini berfungsi mengatur sistem pembakaran dan injeksi bahan bakar secara presisi.
Jika ada kerusakan pada ECU, motor bisa menjadi boros, susah hidup, hingga mogok di tengah jalan. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan ECU secara berkala di bengkel resmi Honda yang memiliki alat diagnostik khusus.
Gak Perlu Ribet, yang Penting Rutin!
Merawat Honda BeAT sebenarnya tidak sulit. Cukup lakukan empat langkah sederhana: panaskan mesin, servis rutin, isi BBM sesuai rekomendasi, dan periksa ECU secara berkala.
Dengan perawatan yang benar, motor kamu bukan hanya awet, tapi juga nyaman dipakai dan hemat biaya operasional.
Jadi, jangan tunggu rusak dulu! Yuk mulai rawat Honda BeAT kamu dari sekarang.
More Stories
Padat Fitur, Mewah, tapi Mahal? Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Forza 250 di Harga Rp90 Jutaan
Scoopy X Paddy Tampil Gemas di Jogja City Mall: Kolaborasi Motor dan Fashion Lokal yang Bikin Anak Muda Auto Naksir!
Fitur Canggih Honda Forza 250: Panel TFT 5-Inci, HSTC, dan Windscreen Elektrik — Setimpal di Harga Rp94 Jutaan?