Otoinfo.id – Banyak pemilik motor bekas ingin motornya tetap irit bahan bakar meski usia kendaraan tak lagi muda. Tapi tahukah kamu bahwa kunci irit BBM ada di ban motor? Bukan di mesin atau karburator, melainkan di tekanan angin ban yang kadang diabaikan.
Menurut Jimmy Handoyo, Technical Service Department Head dari PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR, tekanan angin ban yang tidak ideal bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar membengkak.
Ban Kempis Bikin Mesin Kerja Ekstra Keras
“Tekanan angin yang terlalu rendah atau kempis bikin permukaan ban yang menyentuh aspal jadi melebar,” ujar Jimmy. Kondisi ini menciptakan tahanan putar atau rolling resistance yang tinggi. Semakin besar tahanan putar, maka mesin motor harus bekerja lebih keras agar tetap melaju.
Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Risiko Kalau Salah Rawat Jok Honda Forza 250 – Bisa Bikin Tekor!
“Kalau mesin kerja keras, otomatis konsumsi bahan bakar juga makin boros,” jelasnya. Jadi, meski terlihat sepele, tekanan angin ban ternyata punya dampak langsung terhadap efisiensi kerja mesin dan konsumsi BBM.
Tekanan Angin Ideal = Motor Lebih Enteng dan Irit
Sebaliknya, jika ban diisi tekanan angin yang ideal sesuai rekomendasi pabrikan, maka nilai tahanan putarnya akan mengecil. Artinya, motor bisa melaju lebih ringan, dan bensin yang terbakar pun lebih hemat.
Selain hemat BBM, ban yang bertekanan ideal juga akan lebih awet, tidak cepat aus di satu sisi, dan menjaga kenyamanan berkendara.
Baca Juga: 6 Tips Hemat dan Efektif Merawat Honda Forza 250 2025 agar Tetap Prima
Jangan Remehkan Tekanan Angin Ban
Mau motor bekas kamu tetap irit dan bertenaga? Jangan lupa cek tekanan angin ban secara rutin, minimal seminggu sekali atau sebelum bepergian jauh. Gunakan alat ukur tekanan ban atau mampir ke SPBU untuk pengecekan.
Dengan perawatan kecil seperti ini, kamu bisa menghemat bahan bakar, menjaga performa mesin, dan meningkatkan usia pakai ban motor. Ingat, irit BBM bukan cuma soal mesin, tapi juga ban!
More Stories
Rahasia Terungkap! Ini Kelebihan Motor Matic Pakai Mangkok Kopling Racing, Tarikan Makin Responsif
Jangan Asal Bersih! Ini Cara Aman Membersihkan V-Belt Motor Matic Biar Gak Cepat Rusak
Nggak Perlu ke Bengkel! Ini Cara Ganti Bushing Arm Mobil Sendiri di Rumah