Bikin Motor Grasstrack Sekarang Bisa Rp 80 Juta

Otoinfo.id – Dulu orang menganggap bahwa grasstrack adalah balap kelas pinggiran dan murah. Dibanding dengan motocross atau road race, pamornya juga dianggap setingkat dibawahnya. Padahal soal kemasan gelaran dan kemeriahannya sesungguhnya juga tak kalah dibandingkan dengan gelaran balap lainnya.

Tetapi sekarang, siapa berani bilang kalau grasstrack adalah olah raga murah. Bicara soal membangun sebuah motor balap grasstrack saja bisa bikin mata terbelalak apabila melihat rincian harganya. Kalau dulu modal Rp 10 jutaan saja sudah bisa nge-gas. Tapi kalau sekarang butuh persiapan dana antara Rp 15 – 80 jutaan. Sebenarnya tak beda jauh juga kan dengan biaya membangun sebuah motor road race.

Tak heran kalau biaya membangun sebuah motor grasstrack bisa melonjak sedemikian tinggi. Semakin berkembangnya balap grasstrack tentunya diikuti dengan perkembangan kemajuan teknologi yang diadopsi pada motor balap garuk tanah yang dipakai. Paling mudah terlihat, saat ini hampir sebagian besar motor grasstrack mencomot teknologi milik motor built up Special Engine (SE).

Baca Juga:   Joss! Bima Aditya The Stroke55 Siap Disupport Bos Baru Lagi, Siapa Gerangan?

Sebagai contoh, untuk membangun motor balap kelas sport atau Free For All (FFA). Mulai dari bentuk bodi dan rangka saja sudah menyerupai SE. Kemudian kaki-kaki juga mencomot dari milik SE 85 mulai dari sok depan dan belakang sampai ke cover bodi set milik SE. Soal harga, “Sok depan SE 85 kurang lebih ada di kisaran Rp 6 – 8 jutaan (2nd), sok belakang Rp 1,5 – 2 jutaan, cover bodi antara Rp 1,5 – 2 jutaan,” tutur Jannal Sung, punggawa DQ Motor Trail Shop Surabaya.

Dari rincian diatas kalau ditambah dengan biaya buat rangka serta pernak-pernik lainnya macam handlebar, jok, ban, pelek berikut peranti pengereman, kalau ditotal mendekati angka Rp 50 jutaan. “Itu belum dihitung untuk motor berikut seting mesin, jadi kalau diglobal ya bisa sampai Rp 80 jutaanlah,” imbuh Jannal.

Baca Juga:   Hasil Juara IDW 2023 Seri 1 Wonosari (7 Mei)

Tak beda jauh pada motor grasstrack kelas Bebek Modif. Hanya sedikit lebih murah karena ada aturan dan regulasi yang membatasi. Sehingga tak semua teknologi dan part-nya mencomot milik SE. “Total biaya pengerjaan bebek modif milik team kami kemarin kurang lebih sekitar Rp 50 jutaan,” ungkap Bambang Eko, tuner sekaligus punggawa Bam’s Racing Magelang.

Biaya terendah adalah untuk membangun motor kelas Bebek Standart. “Bisa paket hemat sekitar Rp 15 jutaan atau mau paket special kurang lebih Rp 35 jutaan,” papar Bambang.
Paket hemat yang dimaksud hanya meliputi penggantian ban, pelek berikut tromol.

Baca Juga:   Marc Marquez Sukses Jalani Operasi Selama 3 Jam di Amerika

Kemudian penggantian kaki depan dengan sok milik KLX seharga Rp 2,5 juta, sedangkan belakang bisa menggunakan merek Answer yang berharga kurang lebih Rp 1,7 juta, wheel set KLX Rp 2,5 jutaan peranti pengereman KLX Rp 2,5 komplit, Rp 2 juta sebagai tambahan pernik pendukung lainnya.

Bedanya dengan paket special adalah soal pilihan kualitas part. Part menggunakan produk built up. Sok depan bisa menggunakan sok milik TTR seharga Rp 5 jutaan, kemudian sok belakang menggunakan kayaba merah harga Rp 11 juta, wheel set mencomot milik SE YZ85 seharga Rp 5 jutaan. Rem YZ dibanderol Rp 2 juta.

Nah, Kalau sobat masih penasaran dan pengin tau lebih detailnya. Langsung saja sambangi bengkel trail terdekat untuk konsultasi atau nego harga. Gondronk