Brisk Beri Tips Cara Mengetahui Kondisi Busi Saat Harus di Rumah Saja!

Brisk Beri Tips Cara Mengetahui Kondisi Busi Saat Harus di Rumah Saja!

Otoinfo.id – Meningkatnya penyebaran Virus Corona membuat pemerintah memperpanjang masa kerja dari rumah atau WFH (Work From Home) sampai tanggal 19 April 2020.

Bagi pengguna sepeda motor khususnya, momen ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan mandiri alias tanpa harus pergi ke bengkel. Kegiatan ini bisa diisi dengan konten yang ringan, seperti mengecek keadaan busi.

Baca juga : Ratna Property Racing Disupport Rantai Regina dan Busi Brisk, Siap Gempur Oneprix dan Indoclub!

Meskipun ukurannya kecil, busi memiliki kegunaan yang sangat penting bagi mesin sepeda motor. Untuk itu, Brisk Motor Indonesia melalui akun instagramnya memberi tips cara mengetahui keadaan busi masih baik atau tidak melalui warna elektroda.

1. Warna Cokelat

Percampuran antara bahan bakar dengan udara yang seimbang akan menghasilkan warna cokelat pada elektroda. Untuk warna ini berarti pembakaran pada ruang bakar sempurna atau bagus.

2. Warna Hitam

Kemudian warna kehitaman pada elektroda ini menandakan percampuran bahan bakar dan udara tidak seimbang. Pada percampuran ini, percampuran didominasi oleh bahan bakar atau bisa disimpuilkan bahwa bahan bakar terlalu boros.

Baca juga : Kenali Bahan Copper dan Silver Pada Busi Brisk, Lebih Unggul dari Iridium!

3. Warna Putih

Penyebab elektroda memiliki warna putih itu karena percampuran yang dihasilkan tidak seimbang. Untuk kondisi ini, udara yang masuk keruang bakar terlalu banyak dibandingkan bahan bakar atau motor terlalu irit.

4. Warna Hitam dan Dipenuhi Oli

Untuk keaadaan seperti ini tidak baik, karena masuknya oli keruang bakar menandakan ring piston yang sudah jelek atau liner piston yang sudah baret. kemudian oli ikut terbakar dan biasanya hal ini menghasilkan keluarnya asap dari knalpot.

Busi sendiri memiliki waktu atau batas pemakaian, sehingga kita harus rutin mengecek dan menggantinya. Jika ada kerusakan pada bagian busi, maka akan mengakibatkan mesin motor tidak bisa hidup. Bagus Adit