Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Brugman 125, Menurut Saya Sih Worth it, Menurut Kamu?

Brugman 125, Menurut Saya Sih Worth it, Menurut Kamu

Otoinfo – Selamat datang kembali, Sobat! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu motor matic terbaru yang memikat perhatian, yaitu Suzuki Brugman Street IX 125. Indonesia memang telah memiliki beberapa motor matic yang keren seperti Yamaha NMAX 155, Yamaha Lexi 125, dan Honda PCX.

Namun, dalam benak saya, motor matic ideal seharusnya memiliki ukuran yang kompak, lincah, dan bagasi yang luas. Alasan itulah yang membuat saya tertarik dengan Suzuki Brugman 125, namun siapa yang tidak terpikat dengan Yamaha Nmax, Yamaha Lexi, dan Honda PCX yang sering melintas di jalan?

Suzuki Brugman Street IX 125 Motor Idaman?

Suzuki Brugman Street IX 125 hadir seperti jawaban doa bagi para pencinta motor matic. Motor ini memiliki dimensi yang cukup ideal dengan bagasi yang luas, terutama jika diproduksi oleh Suzuki.

Saya memiliki pengalaman positif dengan merek ini sejak kecil, sehingga saya yakin bahwa Suzuki tidak akan mengecewakan dalam hal kualitas mesin dan rangka, meskipun desainnya terkadang cukup kontroversial.

Historisnya, motor seringkali memiliki masalah kerusakan, sehingga tidak sembarangan membelinya. Ada merek-merek motor dengan desain yang kurang estetis yang sebaiknya dihindari. Begitu pula dengan motor-motor yang ingin Anda beli dengan kredit, padahal Anda sebenarnya tidak perlu melakukannya.

Baca Juga:  Terobos Gaya Baru dengan Honda Scoopy Stylish 2024: Motor Matic yang Menghipnotis!

Keputusan ada di tangan kita, dan kita harus mampu mengendalikan keinginan. Suzuki memang seringkali merilis motor dengan desain yang kurang sesuai selera, namun sebagai konsumen, kita hanya perlu memilih yang sesuai dengan preferensi.

Brugman Street IX 125 memiliki mesin yang handal, suspensi yang baik, dan setelah perubahan desain, tampil lebih proporsional. Saya bahkan sudah melihat motor ini sebelumnya, yaitu saat Suzuki menampilkannya di PRJ pada tahun 2017 atau 2018.

Saat itu, motor ini hanya untuk pameran dan bukan untuk dijual. Namun, desain roda belakangnya dengan ukuran 10 inci membuatnya terlihat tidak begitu menarik. Namun, Suzuki merespons masukan tersebut dan merilis versi E X Series dengan roda belakang berukuran 12 inci.

Kabarnya, motor ini akan hadir di Indonesia untuk menemani Suzuki Avenue 125. Anda mungkin bertanya, mengapa motor ini diproduksi di India?

Kualitas Produksi India

Saya memiliki motor CBU (Completely Built-Up) yang diproduksi di India, yaitu Bajaj Pulsar 200NS. Meskipun tergolong dalam kategori motor budget, kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Setelah sepuluh tahun, catnya masih mengkilap, mesinnya tetap berjalan baik, dan rangkanya tidak berkarat. Tentu, saya telah melakukan perawatan rangka, namun cukup dengan menjaga mesin dan bodi, Anda dapat yakin bahwa kualitas Suzuki Brugman Street IX 125 yang diproduksi di India juga tidak akan mengecewakan.

Baca Juga:  Masih Ingat Skuter Kecil Daihatsu di GIIAS Ini? Kini Sudah Dijual Lho

Tentu, desain adalah hal subjektif. Beberapa orang mungkin tidak begitu menyukai desain motor buatan Suzuki, tetapi bagi sebagian besar konsumen, perubahan desain roda belakang menjadi 12 inci membuat motor ini terlihat lebih proporsional.

Mari kita bandingkan dengan motor dari merek lain, terutama Yamaha. Dari segi mesin, Yamaha Lexi 125 dan Suzuki Brugman IX 125 keduanya menggunakan mesin 1 silinder 125 cc SOHC, namun perbedaannya terletak pada pendingin mesin.

Suzuki Brugman IX 125 masih menggunakan mesin berpendingin udara, sementara Yamaha Lexi 125 menggunakan mesin berpendingin cairan. Mana yang lebih baik? Tidak ada jawaban pasti, karena tergantung pada preferensi masing-masing individu.

Dimensi Suzuki Brugman IX 125

Jika kita melihat dimensinya, Suzuki Brugman IX 125 memiliki panjang 1905 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1140 mm. Sementara Yamaha Lexi 125 memiliki panjang 1970 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1135 mm.

Pada pandangan pertama, keduanya mungkin tidak terlalu berbeda, namun ada perbedaan penting dalam dimensi keduanya. Lexi memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih lebar, sementara Brugman sedikit lebih tinggi sekitar 5 mm.

Perbedaan dimensi ini bisa membuat keduanya terlihat lebih kecil, terutama karena Brugman menggunakan velg berukuran 12 inci sementara Lexi memiliki velg 14 inci. Namun, perbandingan berlebihan tentang panjang dan lebar bisa menimbulkan konflik dalam hal fitur-fitur lainnya.

Baca Juga:  Segede Yamaha Nmax! Voge SR1 125 2024, Fitur Modern dengan Harga Mengejutkan

Suzuki Brugman IX 125 memiliki sejumlah fitur yang menarik, seperti sistem auto stop-start pada mesin. Ini adalah fitur yang mematikan mesin saat motor berhenti, dan mesin akan hidup kembali ketika gas ditekan.

Fitur ini memungkinkan pengendara menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Terdapat juga sistem starter yang hening (silent starter), yang juga dimiliki oleh Honda dan Suzuki. Sistem ini memungkinkan motor untuk hidup tanpa menghasilkan suara starter yang keras.

Selain itu, Brugman IX 125 juga dilengkapi dengan konsol digital yang dapat terhubung ke ponsel pintar melalui Bluetooth. Hal ini memungkinkan pengendara untuk menerima notifikasi arah pada speedometer mereka.

Namun, perlu diingat bahwa motor Suzuki yang masuk ke Indonesia dalam bentuk CBU dari India kemungkinan memiliki beberapa fitur yang dipotong, seperti Bluetooth dan penunjuk arah. Namun, yang terpenting adalah kualitas mesin yang dapat diandalkan, cat yang bagus, dan rangka yang kuat.

Pengalaman saya dengan Suzuki Brugman Street IX 125 adalah positif. Motor ini kami beli sendiri dan kami merawatnya dengan penuh dedikasi, sehingga tidak ada janji palsu di sini. Saya sangat menyarankan untuk melihat dan mencoba motor ini secara langsung. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.