Otoinfo.id – Yamaha X-Ride dikenal dengan gaya petualangnya. Salah satu fitur andalannya adalah subtank suspension di bagian belakang. Suspensi ini memberikan efek redaman yang lebih lembut dan responsif saat melewati jalanan rusak, berbatu, atau berlubang.
Cocok untuk Jalanan Off-road Ringan
Subtank suspension memang ideal bagi pengguna yang sering melewati jalanan tidak rata. Efek “empuk” saat motor melintasi jalan rusak terasa lebih nyaman dibandingkan suspensi biasa. Sayangnya, fitur ini punya konsekuensi.
Berat Tambahan Jadi Kekurangan di Perkotaan
Suspensi model subtank membuat bobot motor bertambah. Yamaha X-Ride tercatat memiliki berat 98 kg, tertinggi dibandingkan skutik lain di kelasnya. Hal ini cukup terasa saat bermanuver di tengah kemacetan atau saat memindahkan motor secara manual di parkiran.
Sebaliknya, Honda BeAT Street hanya berbobot 89 kg, menjadikannya salah satu skutik paling ringan di pasaran saat ini. Pengendara pemula, wanita, maupun pengguna harian jelas akan lebih terbantu.
BeAT Street Lebih Praktis, Fitur Keamanan dan Kompartemen Lengkap
Penyimpanan dan Kompartemen Unggul
Dalam hal kepraktisan, Honda BeAT Street menang telak. Motor ini memiliki:
- Bagasi bawah jok 12 liter
- 2 kompartemen penyimpanan depan
- Kait barang ganda
- Kapasitas tangki BBM 4,2 liter
Sementara X-Ride tidak memiliki kompartemen depan dan hanya mengandalkan ruang bawah jok yang terbatas, tanpa informasi pasti soal volumenya.
Baca Juga: Spesifikasi & Warna Baru Honda BeAT 2025, Tampil Makin Keren! Cek Harga Terbarunya di Sini
Fitur Keamanan & Fungsional yang Lengkap
BeAT Street juga unggul dalam segi fitur harian seperti:
- Secure Key Shutter
- Alarm anti-maling
- Panel meter digital
- Parking brake lock
- Side stand switch
- Soket charger 12W
Bandingkan dengan X-Ride yang memang punya answer back system dan lampu hazard, tapi masih memakai panel analog dan belum dilengkapi dengan soket charger.
Baca Juga: All New Honda BeAT Street, Lebih Murah tapi Lebih Unggul dari Nex Crossover & X-Ride?
Jadi Pilih Mana, Kenyamanan atau Kepraktisan?
X-Ride memang cocok untuk yang mencari skutik “petualangan ringan” dengan tampilan macho dan suspensi mumpuni. Namun, untuk kebutuhan motor harian di perkotaan, BeAT Street masih jadi pilihan terbaik:
- Lebih ringan
- Lebih mudah dikendalikan
- Lebih banyak tempat penyimpanan
- Fitur lebih lengkap dan fungsional
BeAT Street Paling Masuk Akal untuk Harian
Kalau kamu lebih sering berkendara di area kota, atau mencari motor yang irit, ringan, dan praktis, Honda BeAT Street 2024 jelas lebih unggul. Suspensi subtank milik X-Ride memang menggoda, tapi tidak semua pengendara butuh itu, apalagi kalau harus mengorbankan kepraktisan dan bobot ekstra.
More Stories
Waspada! Ini Ciri Karet Rumah Kopling Motor Bekas Harus Segera Diganti Sebelum Merusak Mesin
Berapa Harga Honda Scoopy Terbaru? Simak Varian dan OTR Terbaru!
Pilihan Warna New Scoopy 2025: Tampil Beda dengan Gaya Fashionable