Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Cara Menyetel Klep Mobil dengan Mudah, Ikuti Langkah Ini

Cara Menyetel Klep Mobil dengan Mudah, Ikuti Langkah Ini

Cara Menyetel Klep Mobil dengan Mudah, Ikuti Langkah Ini

Otoinfo – Salah satu pekerjaan yang wajib dilakukan saat membawa mobil Anda ke bengkel adalah tune up. Penyetelan celah klep adalah salah satu aktivitas di dalamnya. Penyetelan celah klep adalah aktivitas saat melakukan pengaturan ulang (resetting) terhadap celah klep, yaitu celah yang terletak antara poros nok sebagai penekan dan klep sebagai komponen yang ditekan pada mekanisme katup.

Pengaturan celah klep ini diperlukan bagi mesin dalam kondisi mobil seperti untuk memberikan tempat bagi pemuaian logam yang membentuk komponen mekanisme klep. Sifat logam yang memuai jika terkena panas akan bermasalah jika tidak ada celah pada klep, kemudian untuk membuat klep dapat tertutup sempurna saat RPM tinggi dan memperkecil gaya gesek.

Apa Itu Klep Mobil?

Katup Mobil atau biasa disebut klep atau valve, adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang dari sisa pembakaran pada mesin motor. Fungsi klep terbilang sangat penting karena jika ada kebocoran maupun gangguan sedikit saja pada klep, akan terjadi penurunan tenaga mesin atau performa mobil akan drop.

Penyetelan katup mobil adalah salah satu langkah penyetelan awal pada mobil. Untuk itu perlu diketahui bagaimana cara menyetel klep mobil yang baik dan benar. Namun demikian, sebelum membahas bagian tersebut, ada baiknya kita juga mengetahui tujuan penyetelan katup dan alat-alat yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Tujuan Penyetelan Katup

  • Tujuan penyetelan katup yang pertama yaitu untuk menjamin efisiensi dari pemasukan campuran bahan bakar dengan udara ke dalam silinder yang akan dikompresikan untuk proses pembakaran. Hal ini dilakukan agar mempreoleh tenaga yang diharapkan dalam pembuangan.
  • Untuk menjamin efisiensi gas bakar untuk keluar dari dalam silinder ke udara bebas melalui exhaust manifold.
  • Tujuan ketiga adalah untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap silinder agar sama atau mendekati sama.
Baca Juga:  Wuling Air EV Mobil Listrik yang Membuat Heboh Pasar Otomotif Indonesia

Karena pentingnya peran klep mobil, maka proses penyetelan katup harus dilakukan secara benar. Jika tidak, akan terjadi beberapa kesalahan yang dapat mempengaruhi kinerja mesin nantinya. Valve Clearance (penyetelan celah katup) adalah salah satu langkah penyetelan awal sebelum mesin mobil dinyalakan. Celah katup merupakan komponen yang penting saat mengatur sistem kinerja mesin 4 tak.

Adapun beberapa kesalahan saat penyetelan katup di antaranya:

  • Pengaturan katup terlalu rapat, yang mengakibatkan katup membuka lebih awal, menyebabkan tekanan kompresi rendah dan kehilangan tenaga. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya salah pengapian atau pengapian balik.
  • Pengaturan katup terlalu renggang, yang membuat katup membuka terlambat, menyebabkan jumlah pemasukan dan pembuangan menjadi rendah. Hal ini bisa menyebabkan suara berisik dan getaran pada mesin.
  • Pengaturan katup antar silinder tidak sama, menyebabkan pemasukan dan pembuangan tidak sama. Jika terjadi demikian, akan mengakibatkan engine hunting karena power antar silinder berbeda.

Alat-alat yang perlu Disiapkan

  • Tool box (berisi obeng plus minus dan kunci ring)
  • Kunci T 12
  • Kunci Busi
  • Majun
  • Feeler Gauge
  • Buku Manual Mobil (Jika ada)

Cara Menyetel Klep Mobil

Kali ini kita masuk ke pembahasan utama, yakni cara menyetel klep mobil. Namun sebelum menyetel klep, perlu diperhatikan jika mesin mobil berbeda-beda tergantung merk dan serinya. Oleh karena itu, Anda perlu membaca buku manual yang disediakan oleh mobil. Akan tetapi, dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas cara menyetel klep mobil secara umum.

Langkah 1: Persiapan

– Siapkan alat yang diperlukan dan mesin pada mobil Anda.
– Buka penutup (cover) silinder.
– Hidupkan mesin mobil Anda untuk proses pemanasan selama kurang lebih 5 menit.
– Periksa oli mesin, air radiator, dan bahan bakar.

Baca Juga:  Waspada! Ini 5 Tanda Piringan Cakram Mobil Bekas Harus Segera Diganti

Langkah 2: Memutar Poros Engkok

– Putar poros engkol sampai pada tanda puli poros engkol tepat pada angka 0. Bisa dilihat di tutup rantai timing mesin.

Langkah 3: Menentukan Kompresi Silinder

– Tentukan top kompresi silinder 1 atau 4. Cara yang dilakukan adalah melihat katup masuk pada silinder 1 atau 4 sambil menggerak-gerakkan puli poros engkol mesin.
– Bila yang bergerak adalah push rod katup masuk silinder 4, maka saat tanda pada puli tepat di angka 0, yang sedang mengalami top kompresi adalah silinder 1, dan sebaliknya.
– Periksa kerenggangan batang valve dengan membuka lubang masuk oli di tutup kepala silinder. Masukkan jari untuk memastikan batang valve memutar.

Langkah 4: Menentukan Katup

– Tentukan katup-katup yang boleh disetel saat top kompresi silinder 1 atau 4. Melihat diagram atau tabel proses kerja silinder dan bisa juga dengan menggerak-gerakkan puli poros engkol sambil melihat push rod katup klep yang tidak bergerak. Push Rod yang tidak bergerak itu yang boleh disetel.

Baca Juga:  Hati-hati! Dampak Serius Mencampur BBM Pertalite dan Pertamax pada Motor Anda

Langkah 5: Menyetel Celah Katup

– Mengendorkan mur 12 memakai kunci ring 12 terlebih dulu.
– Tempatkan feeler gauge (pengukur celah katup) ke dalam celah antara batang valve dan rocker arm.
– Menyetel klep 1-2-3-5 memakai feeler gauge dengan ukuran: Exhaust: 0,3 mm dan Intake: 0,2 mm.
– Menggunakan obeng saat menyetel, mengencangkan atau mengendorkan baut penyetel katup.
– Jika pengaturan celah katup telah sesuai, selanjutnya adalah kencangkan mur penahan sambil menahan baut penyetel agar tidak bergerak. Cek kembali katup atau klepnya dengan merasakan tarikan atau gesekan dari feeler gauge. Ulangi cara penyetelan selanjutnya dengan mengetopkan poros engkolnya lagi.

Langkah 6: Memutar Poros Engkol

– Putar poros engkol secara 360 derajat (satu putaran) sehingga tanda pada puli akan bertepatan dengan tanda 0 yang terdapat pada tutup rantai timing.

Langkah 7: Setel Klep

– Setel klep 4-6-7-8 dengan menggunakan feeler gauge, ukurannya: Exhaust: 0,3 mm dan Intake: 0,2 mm.

Langkah 8: Menutup Kepala Silinder

– Tutup kembali kepala silinder, dan dilanjutkan dengan pemasangan komponen-komponen lainnya.

Cara menyetel klep mobil telah kita bahas seperti di atas. Bila telah selesai melakukan langkah-langkah tersebut, coba untuk menghidupkan mesin mobil Anda. Jika sudah halus, maka Anda sudah berhasil melakukan penyetelan. Setelah selesai, bersihkan kembali peralatan yang digunakan dan kembalikan pada tempatnya.

Demikianlah langkah-langkah cara menyetel klep mobil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan penyetelan klep mobil secara benar. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.