Catatan Perjalanan HBC AIDS Journey Java – Bali 2018 : Road Show Dari Kota Ke Kota

OtoInfo.Id-Journey HBC Regional Jateng dan DIY membawa misi Stop HIV-AIDS yang dimulai dari Jateng, dan melintasi Propinsi Jatim, berakhir di Bali. Perjalanan yang dilakukan selama satu minggu penuh ini membawa konsep road show. “Kami berhenti di beberapa kota untuk melakukan beberapa kegiatan yang diantaranya melakukan penyuluhan tentang HIV-AIDS di sekolah (SMA/SMK) bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat. Kemudian melakukan rangkaian promosi kesehatan dan penyebaran leaflet”, terang Akhmad Kholid, selaku Road Captain alias ketua Tim Journey.

Untuk Jawa Tengah, kota pertama yang menjadi persinggahan setelah rombongan start dari Kantor Gubernur Jawa Tengah adalah Purwodadi kemudian selanjutnya rombongan menuju Kota Pati. Di kota ini, Tim membagikan leaflet dan brosur-brosur yang berisikan tentang penanggulangan HIV-AIDS.

Di Jawa Timur, tak lupa Tim juga sowan pada Gubernur dan diterima oleh Sekda Propinsi Jatim untuk selanjutnya dilepas menuju ke Bali. Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, dalam perjalanan, Tim juga singgah di beberapa kota untuk melakukan kegiatan penyuluhan dan kampanye dengan bekerja sama bersama KPA daerah.

Tak hanya di kota-kota besar saja. Desa-desa terpencil juga menjadi target pelaksanaan penyuluhan dan kampanye. Pasalnya, “Penularan HIV-AIDS bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, tak pandang bulu mau di kota besar atau didesa, tak juga mengenal gender, semua beresiko tertular”, papar Akhmad Kholid.

 

Seperti yang dilakukan tim saat singgah di Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Tim melakukan penyuluhan pada siswa-siswi SMK dan Karang Taruna desa setempat. Hal ini disambut baik oleh warga masyarakat desa setempat. “Dengan penyuluhan ini diharapkan akan dapat menambah pengetahuan bagi warga setempat, sehingga akan lebih memahami akan bahaya HIV AIDS, “ tutur I Wayan Swastika ST, MH. , selaku Bendesa (sesepuh) Desa Bangbang. (dJansen)