Cop CB150R Rawan Sobek, Ini Solusinya

Otoinfo.id – Sering alami Honda CB150R brebet setelah dicuci? Ternyata permasalahannya sepele. Karet cop busi robek karena saat membuka busi, karet selalu dicukit. Padahal cop busi harus kedap air untuk menghindari loncatan bunga api yang tidak pada tempatnya.

Jika karet penutup robek memang harus diganti. Namun harga cop busi CB150R cukup mahal, sekitar Rp 280 ribu. “Itu pun tidak ready stock. Harus inden paling tidak 2 bulan,” papar Burhan, mekanik Han’s Motor.

Pake cop busi FU

Alternatifnya menggunakan cop busi milik Suzuki Satria FU150. “Selain murah, juga lebih mudah didapatkan,” lanjutnya.

Harga cop busi Satria FU150 versi imitasi berkisar Rp 30 ribu. Sedangkan orisinal Rp 75 ribu dan dijual terpisah per part. Bagian colokannya seharga Rp 50 ribu, karet atas Rp 15.000 sedangkan karet bawah Rp 10 ribu.

Potong cop busi FU agar panjangnya sama dengan milik CB150R

Namun memasang cop busi Satria FU150 ke CB150R harus ada modifikasi. “Cop busi Satria FU150 lebih panjang.

Batangnya dipotong 0,5-1 cm supaya karet atas bisa tertutup rapat. Umumnya yang dipotong bagian yang menempal pada kabel busi yang tertutup karet atas,” sebutnya.

Tertutup rapat, air pun tidak bisa masuk ke dalam lubang busi

Dengan memotong bagian atasnya, cop busi Satria FU150 bisa menutup sempurna lubang busi pada kepala silinder CB150R. “Air tidak bisa masuk ke lubang busi,” tutupnya. MT4