Otoinfo – Mobil penggerak roda belakang (RWD) tetap diminati karena dianggap memiliki keunggulan, terutama dalam menaklukkan tanjakan. Meskipun banyak produsen mobil beralih ke sistem roda depan, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih mempertahankan beberapa produk RWD, seperti Innova Reborn, All New Rush, dan Fortuner. Berikut adalah Daftar Mobil Baru Toyota yang masih setia dengan sistem RWD :
1. Kijang Innova Reborn
Menurut seorang penjual di Nasmoco Semarang, Innova Reborn masih tersedia dalam varian bensin dan diesel. Varian bensin hanya tersedia dengan transmisi manual seharga Rp 383 juta, sementara varian diesel tersedia dalam transmisi matik seharga Rp 436 juta dan transmisi manual seharga Rp 418 juta (OTR Jawa Tengah).Mobil Baru Toyota Innova Reborn hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu diesel dengan unit 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc dan bensin dengan unit 1TR-FTV 4-silinder DOHC berkapasitas 1.998 cc.
2. All New Rush
Mobil Baru Toyota All New Rush, sebuah low sport utility vehicle (LSUV) dengan mesin bensin 1.500 cc dan teknologi Dual VVT-i, tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 104 Tk dan torsi maksimal 136,3 Nm. All New Rush memiliki kabin yang luas untuk menampung 7 penumpang dewasa dengan fitur hiburan berupa head unit layar sentuh, konektivitas Bluetooth, dan kamera belakang.
3. Mobil Baru ToyotaFortuner
Mobil Baru Toyota Fortuner, sebuah sport utility vehicle (SUV) tangguh, hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu diesel 2.755 cc dan bensin 2.694 cc. Mesin bensin mampu menghasilkan tenaga 163 Tk dan torsi maksimal 242,2 Nm, sementara mesin diesel menghasilkan tenaga 203,9 Tk dan torsi maksimal 499,2 Nm. Fortuner dilengkapi dengan transmisi matik sequential 6 percepatan dan menggunakan sistem penggerak roda belakang, dengan opsi tipe tertinggi 4WD.
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Penggerak RWD
Kelebihan RWD:
- Pembagian Berat Seimbang: Pembagian berat yang seimbang karena mesin berada di depan, sementara penggerak roda belakang di bagian belakang.
- Handling Lebih Baik: Handling mobil lebih baik karena fokus tugas dari masing-masing roda terbagi dengan baik.
- Komponen Mobil Lebih Awet: Usia komponen kaki-kaki lebih awet karena pembagian berat yang baik.
- Kuat Dipakai Menanjak: Mobil RWD kuat digunakan di jalanan menanjak karena roda belakang tidak kehilangan traksi.
- Biaya Perbaikan Terjangkau: Biaya perbaikan sistem RWD cenderung lebih murah dibandingkan FWD.
Kekurangan RWD:
- Penyaluran Tenaga Kurang Efisien: Efisiensi penyaluran tenaga kurang baik dibandingkan FWD karena memerlukan komponen tambahan.
- Mobil Lebih Berat: Secara bobot, mobil RWD lebih berat karena komponen tambahan untuk menyalurkan tenaga.
- Boros BBM: Konsumsi bahan bakar lebih boros karena bobot yang lebih berat.
- Kurang Baik untuk Jalan Licin dan Berpasir: Tidak cocok untuk medan licin dan berpasir karena kurangnya traksi pada roda depan. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer