Otoinfo.id – Abraham Simatupang dari Batakastem telah menciptakan sesuatu yang unik: Cargo Cruiser Cub, sebuah motor hasil modifikasi yang berbasis Honda Karisma. Arie Dio, pemilik motor yang hobi touring, langsung memanfaatkan motornya untuk touring ke acara BBQ Ride 2024 di Bandung setelah selesai dimodifikasi pada awal Juni lalu.
Proses modifikasi ini tidak instan. Motor ini masuk bengkel pada tahun 2021 dan baru rampung pada tahun 2024. Untuk memfasilitasi mesin Karisma, tim Batakastem harus merancang engine mounting baru dan memanjangkan sasis tengah sekitar 8 cm. Swingarm juga dibuat kustom, lebih panjang dan menyerupai milik Honda CT125.
Suspensi depan menggunakan model springer dari C70 yang dibuat lebih lebar agar bisa mengakomodir ban Swallow SB212 ukuran 4.00-17 di kedua roda. Tanpa modifikasi ini, ban yang tebal akan mentok ke mesin dan membuat tampilan motor terlihat kurang proporsional.
Bram menjelaskan bahwa bodi Cargo Cruiser Cub ini terinspirasi oleh bentuk ikan hiu, menciptakan kesan predator yang sesuai dengan karakter pemiliknya. Desain ini terlihat dalam bodywork berlapis, termasuk sepatbor depan dan belakang, skidplate, side panel, dan cover rantai. Bahan yang digunakan juga bervariasi: sepatbor dan cover rantai terbuat dari pelat aluminium 3 mm, sementara komponen lainnya menggunakan pelat galvanis 1,2 mm. Bram bahkan menambahkan nama latin ikan hiu, “Selachimorpha,” di cover rantai sebagai sentuhan unik.
Selain itu, tim Batakastem juga menciptakan sparepart kustom, seperti rak belakang untuk tas dan tangki bensin tambahan berbentuk jerigen. Motor ini dilabur dengan warna gelap, black mica, yang memberikan efek metalik kasar, sehingga terlihat seperti abu-abu gelap.
Biaya untuk seluruh proses modifikasi ini mencapai sekitar Rp 25 juta, dengan waktu pengerjaan efektif selama dua bulan. Menurut Bram, modifikasi motor bebek ini menjadi menarik karena konsepnya yang unik.
Data Modifikasi:
- Ban depan: Swallow SB212 4.00-17
- Ban belakang: Swallow SB212 4.00-17
- Pelek depan: Aluminium 3.00×17
- Pelek belakang: Aluminium 3.00×17
- Sokbreker depan: Standar Honda C70
- Sokbreker belakang: Aftermarket 340 mm
- Sepatbor: Aluminium 3 mm
- Side panel: Galvanis 1,2 mm
- Skidplate: Galvanis 1,2 mm
- Alas jok: Galvanis 1,2 mm
- Cover rantai: Aluminium 3 mm
- Swingarm: Kustom ala Honda CT125
- Headlamp: LED aftermarket 4,5 inci
- Stoplamp: LED aftermarket
- Sein: Aftermarket
- Knalpot: Kustom full system stainless steel
- Jok: Kustom
- Setang: Daytona aluminium
- Gas spontan: Yamaha YZ
- Handgrip: Biltwell diamond
- Filter karburator: TDR
- Handel rem kanan & kiri: Suzuki TS 125
- Indikator bensin: Aftermarket
- Operan gigi: Nui aluminium
- Rantai: SSS
Dengan kreativitas dan keahlian tinggi, Abraham Simatupang dan tim Batakastem berhasil menciptakan Cargo Cruiser Cub yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menawan dan penuh karakter.
More Stories
Tips Ampuh Merawat Jok Ramping Honda Sonic 150R: Agar Tetap Nyaman dan Awet!
Tips Jitu Merawat Shard LED Headlight Honda Sonic 150R: Agar Tetap Terang dan Awet!
Fungsi Digital Panel Meter Honda Sonic 150R: Lebih dari Sekadar Angka