Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Deretan Tipe Honda CBR 150 di Indonesia dan Spesifikasinya

Deretan Tipe Honda CBR 150 di Indonesia dan Spesifikasinya

Otoinfo – CBR adalah salah satu ikon motor sport fairing di dunia, dan di Indonesia, nama CBR telah menjadi simbol performa dan gaya dalam kategori motor sport fairing 150 cc.

Mari kita telusuri perjalanan evolusi Honda CBR 150 dari masa ke masa, mulai dari kehadirannya pertama kali hingga model terbaru yang tersedia di pasar.

Honda CBR 150R (2002) – Sang Pelopor

Pada tahun 2002, Honda CBR 150 R pertama kali mengaspal di Indonesia melalui skema CBU (Completely Built Up) dari Thailand.

Motor ini masuk bukan melalui Astra Honda Motor (AHM), melainkan melalui importir umum (IU). Pada masanya, CBR 150R ini dianggap sebagai motor dengan spesifikasi tertinggi karena tidak ada lawan sepadan di Indonesia.

  • Sasis: Twin spar
  • Mesin: 4-tak DOHC, 150 cc
  • Transmisi: Manual 6-percepatan
  • Sistem Pendingin: Radiator
  • Tenaga Maksimal: 17,5 dk
  • Torsi Maksimal: 12 Nm
Baca Juga:  Cair 60 Juta! MX King 200cc 'Karbu' Belando Racing, Tumbangkan MX King 200cc 'Injeksi' Hantu Laut!

Honda CBR 150R Generasi Kedua (2010) – Desain Baru, Performa Meningkat

Delapan tahun kemudian, generasi kedua Honda CBR 150R hadir di Indonesia, kali ini resmi melalui AHM. Versi ini menampilkan perubahan signifikan dari segi desain dan teknologi.

  • Sasis: Twin spar
  • Karburator: Diganti dengan sistem injeksi
  • Bodi: Lebih besar dan terkesan bulky
  • Headlamp: Single headlamp berbentuk V
  • Tenaga Maksimal: 17,8 dk
  • Torsi Maksimal: 12,6 Nm

Honda CBR150R K45 (2014) – Produksi Lokal Pertama

Tahun 2014 menandai produksi lokal pertama Honda CBR 150 R dengan kode K45. Model ini memperkenalkan beberapa perubahan utama, termasuk penggunaan sasis teralis yang menggantikan twin spar.

  • Sasis: Teralis dengan konsep diamond truss
  • Headlamp: Dual headlamp
  • Mesin: 150 cc DOHC
  • Tenaga Maksimal: 17,1 dk
  • Torsi Maksimal: 13 Nm

Honda CBR150R K45G (2016) – Tampilan Sporti dan Teknologi Modern

Model K45G yang diperkenalkan pada tahun 2016 menawarkan desain yang lebih sporti dan teknologi canggih seperti lampu LED.

  • Sasis: Teralis dengan desain baru
  • Mesin: Overstroke dengan diameter 57,3 mm dan stroke 57,8 mm
  • Tenaga Maksimal: 16,9 dk
  • Torsi Maksimal: 14 Nm

Honda CBR150R K45N (2018) – Facelift dan Peningkatan Kecil

Versi K45N yang dirilis pada tahun 2018 menampilkan beberapa facelift minor, termasuk desain windshield yang lebih besar dan lekukan fairing depan yang diperhalus.

Honda CBR150R K45R (2021) – Modern dan Kaya Fitur

Model terbaru CBR150R dengan kode K45R yang dirilis pada tahun 2021 membawa tampilan yang terinspirasi dari CBR250RR. Fitur-fitur modern seperti sokbreker depan upside down dan ABS juga mulai disematkan.

  • Desain: Mirip dengan CBR250RR
  • Sokbreker Depan: Upside down
  • Fitur Tambahan: Assist/Slipper Clutch
  • Tenaga Maksimal: 16,8 dk
  • Torsi Maksimal: 14,4 Nm
Baca Juga:  Tampilan Yamaha Tiara 2024: Si Cantik yang Siap Membuat Anda Jatuh Cinta

Setiap iterasi dari Honda CBR 150 R membawa peningkatan dan perubahan yang mencerminkan evolusi teknologi dan desain motor sport fairing.

Bagi para pecinta motor, CBR150R menawarkan pilihan yang beragam, mulai dari tampilan klasik hingga yang paling modern dengan fitur canggih. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.