Otoinfo – Seperti evolusi mahluk hidup, motor matic pun mengalami perkembangan yang signifikan. Sebelumnya, motor matic umumnya memiliki body yang kompak, namun kini muncul tren motor matic dengan body yang lebih besar, sering disebut sebagai “MAXI SKUTER.” Di Indonesia, tren Maxi Skuter terus berkembang, dan salah satu yang menjadi pilihan utama adalah Honda PCX 150, yang telah dikenal sebagai salah satu Maxi Skuter terbaik di negara ini.
Honda PCX 150 hadir sebagai pesaing utama bagi Yamaha NMAX, yang sebelumnya telah berhasil menguasai pasar Maxi Skuter di Indonesia. Meskipun Honda PCX telah hadir di Indonesia sebelum NMAX, pada awalnya motor ini masih diimpor secara utuh sebagai CBU dari Vietnam. Namun, dengan berjalannya waktu, Honda mulai memproduksi PCX secara lokal di pabrik mereka di Indonesia, sehingga harga menjadi lebih terjangkau.
Desain Honda PCX 150
Desain Honda PCX 150 dengan body yang mewah segera mencuri perhatian saat Anda melihat motor ini. Meskipun desainnya mirip dengan generasi sebelumnya, Honda memperbarui PCX dengan berbagai fitur baru yang membuatnya terlihat lebih modern dan canggih. Salah satu fitur unggulannya adalah lampu depan Full LED yang terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL).
Lampu DRL Honda PCX menyatu dengan lampu depan dan dirancang dengan sentuhan desain yang menyerupai alis mata. Di bagian depan, terdapat Wind Screen yang berukuran pendek untuk melindungi speedometer digital yang memiliki tampilan yang canggih dan modern. Panel Meter tersebut menyajikan berbagai informasi berkendara, termasuk Trip Meter, Jam Digital, Konsumsi Bahan Bakar, dan berbagai indikator lainnya.
Di bagian belakang, terdapat Tailight berteknologi LED yang memberikan efek pencahayaan yang lebih terang dan tampilan yang stylish. Honda PCX juga dilengkapi dengan bagasi berkapasitas besar, yaitu 28.8 Liter, dan dilengkapi dengan seat stopper yang memudahkan pembukaan dan penutupan bagasi. Kapasitas bagasi PCX lebih besar dibandingkan dengan NMAX, sehingga pengendara dapat membawa lebih banyak barang bawaan.
Mirip dengan Yamaha NMAX, Honda memasukkan tangki bahan bakar ke dalam deck depan dengan kapasitas 8 Liter. Honda PCX juga memiliki pijakan kaki yang sangat luas, memberikan posisi berkendara yang lebih santai dan nyaman. Sebagian besar motor Honda memang dikenal akan kenyamanannya, dan Honda PCX bukanlah pengecualian. Motor ini tetap nyaman saat digunakan untuk bermanuver melewati kemacetan maupun saat melakukan cornering, serta saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau touring.
Dimensi Honda PCX 150
Berbicara mengenai dimensi, body Honda PCX 150 memiliki panjang sekitar 1.923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm. Tempat duduknya memiliki ketinggian sekitar 764 mm, dan ground clearance sekitar 137 mm. Namun, bobot Honda PCX sedikit lebih berat dibandingkan NMAX. Untuk varian CBS, bobotnya sekitar 131 kg, sementara varian ABS memiliki bobot sekitar 132 kg.
Meskipun lebih berat daripada Yamaha NMAX yang memiliki bobot sekitar 127 kg, Honda PCX tetap nyaman saat digunakan untuk manuver di dalam kemacetan atau melakukan cornering. Motor ini juga telah dilengkapi dengan mesin bertenaga besar yang menggunakan teknologi PGM-FI (Fuel Injection), yang secara otomatis mengoptimalkan akselerasi.
Mesin Honda PCX 150
Honda telah merancang mesin Honda PCX agar memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan bertenaga. Mesinnya memiliki kapasitas 150cc dengan konfigurasi SOHC dan menggunakan sistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang membuatnya lebih bertenaga, irit, dan ramah lingkungan.
Meskipun tenaganya sedikit lebih rendah dibandingkan Yamaha NMAX, Honda PCX 150 masih mampu memberikan performa yang memadai untuk berkendara dengan cepat dalam berbagai kondisi. Dengan teknologi Idling Stop System yang berpadu dengan teknologi eSP dan PGM-FI, motor ini sangat irit, sehingga Anda hanya perlu sedikit bahan bakar untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Otoinfo
More Stories
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer
Proliner Clutch Spring, Solusi Tarikan Maksimal Tanpa Selip Kopling!
Geely Boyue-Series Mencetak Rekor: Terjual 2 Juta Unit dalam 107 Bulan, Mobil China Terlaris di Dunia!