#DiRumahAja, Awas Motor Jarang Digunakan Bisa Bikin Aki Drop!

#dirumah saja bisa bikin aki drop

Otoinfo.id – Seiring meningkatnya penyebaran virus Corona ini pemerintah menerapkan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB). Jadi, kebijakan tersebut unutk membatasi kegiatan masyarakat seperti perkantoran.

#DiRumahAja, menjadikan motor jarang digunakan, hal tersebut bisa membuat aki drop lho gaes. Sadam pemilik bengkel Alkhadafi Motor Wonosobo mengatakan bahwa aki bisa saja drop bila motor tidak hidup dengan jangka waktu yang lama.

“iya aki motor itu bisa drop kalau tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama,” ucapnya.

Baca juga : Tips : Jangan Buang Sisa Oli Transmisi Manual Mobil, Bisa Untuk Pelumas Rantai Motor!

Penyebab dari aki drop saat motor tidak digunakan itu, tidak adanya suplay listrik ke aki kemudian membuat aki jadi lemah, adapula memang aki yang sudah tidak bekerja maksimal lagi.

“Penyebabnya ya tidak ada pengisian dari spul menuju aki, jadi tegangan listriknya menghilang tapi tidak ada pengisian, atau bisa saja aki yang sudah tidak bagus lagi,” jelasnya.

Baca juga : Tips: Mika Spedo Meter Retak? Gini Nih Cara Ngilanginnya!

Kemudian menurut Sadam, untuk mengantisipasi masalah tersebut sebaiknya selalu hidupkan motor setiap hari atau dua hari sekali untuk mengisi arus listrik ke aki.

“Sebaiknya hidupkan motor sehari atau dua hari sekali untuk mengisi aki agar tidak drop, kalau sudah drop kan repot apalagi motor injeksi jaman sekarang yang tidak ada kick staternya,” tambah Sadam. Bagus Adit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here