Otoinfo.id-Drag Race mobil garapan event organizer Bodisa Motor Sport yang di komandoi oleh H. Baharudin, sukses di gelar Sabtu-Minggu ( 20-21/0) kemarin. Lokasinya masih menggunakan landasan pacu pesawat Lapter TNI AU Cicangkal, Rumpin-Bogor. Animo peserta untuk event kali ini boleh dikatakan bagus, karena hampir 200 mobil dari berbagai jenis dan tahun turun ikut mengadu kecepatan larinya di trek lurus 201M.
Baca Juga : Meriah! Ajang bLU cRU Yamaha Enduro Challenge di Yogyakarta Jadi Pusat Perhatian Pecinta Yamaha
Kelas yang dilombakan masih seperti kelas-kelas sebelumnya. Yaitu main di Braket 9 Detik, Braket 10 Detik, Braket 11 Detik, Braket 12 Detik, Braket 9,5 Detik, Braket 10,5 Detik, Braket 11,5 Detik. Kemudia juga melombakan kelas Sedan 1600cc Modified, Sedang 1800cc Modified, All Cars 1500cc Modified, Street Diesel 2700cc, dan yang terakhir kelas All Cars 1200cc.
Baca Juga : Hasil Juara Battle Rookie Star 2023 Kejurprov IMI Jateng Seri 1 Tuntang
Menjadi pertarungan yang seru disetiap kelas, meski kelas yang dilombakan dominan Braket. Tapi tim yang turun datang dari Bandung, Lampung, Bekasi, Bogor, Serang, Depok, yang merupakan tim -tim kuat untuk wilayah Barat. Yang sudah biasa turun pula diajang drag race mobil Nasional yang biasanya di gelar di Sirkuit Sentul Internasional.
Baca Juga : Yamaha Enduro Challenge 2023 (Seri 1): Hebat! Yamaha BRM Cirebon Borong Podium
Sebutkan saja nama timnya Sea Team 120 Garage asal Bandung, Agus Custom Speed asal tuan rumah Tangerang, East Runner X Brionesia Banten, Garasi Cilegon asal Bekasi, Mobilio Indonesia asal DKI Jakarta, TM Speed Racing Team, asal Depok, dan juga banyak tim dari Kota Serang yaitu SM Motor X CV PMC, juga Bosken Garasi Banten. Dan yang dari Lampung ada tim SP Motorsport.
MAZDA 2 BERMESIN TURBO
Pecahkan Rekor Dikelas Braket 10.5 Detik Garapan Bengkel Agus Custom Speed Tangerang
Dari sekian kelas yang dilombakan dalam event drag race mobil ini. Ada kelas yang paling seru yaitu Braket 10,5 detik. Pasalnya dikelas ini ada salah satu varian mobil yang sudah melakukan rekayasa engine dengan menggunakan mesin turbo, yaitu Mazda 2 tahun 2013 milik tim balap drag race Agus Custom Speed asal Tangerang.
Mobil Mazda 2 dengan menggunakan tenaga turbo memang masih langka di Indonesia. Mobil ini garapan bengkel BAR (Berkah Agus Rama), yang memang specialis dalam hal mesin Mazda. Beralamat di Kampung Pabuaran, Desa Dukuh, seputaran Citra Raya, Cikupa, Tangerang.
Baca Juga : Galang dan Aldi Berangkat Italia, Siap Ikuti Kejuaraan Dunia Bersama LFN!
Mobil Mazda yang eksteriornya berwarna merah maron dengan drivernya M Dzikri ini, mampu mengalahkan mobil-mobil varian lain baik dari Toyota, Honda, Maupun Ferio. “Buat menghidupkan turbonya, sengaja waktu start saya tancap gasnya hingga jarum RPM menyentuh ke angka 3200. Baru setelah lampu start berwarna hijau saya lepas rem dan mobil melaju kencang tanpa ada rasa getar atau limbung sampai masuk garis finish dengan menggunakan gigi 3,” ucap driver drag race asal Pandegelang, Banten.
CUSTOMISASI PART ENGINE PADA MESIN MAZDA 2 AMAN PADA ICU TIDAK MUNCUL ‘CE’ (CEK ENGINE).
Pingin tahu? Rahasia apa saja yang sudah dilakukan Agus sang engine builder pada mesin Mazda 2 garapanya. Tanpa rasa takut Agus membongkar, penambahan engine part apa saja pada mobil Mazda 2 yang ternyata milik pribadinya yang larinya sangat kencang itu. “Selain kita sudah memasang turbo pada Exos Manipolnya. Memang ada part angine tambahan yang kita pakai. Misalnya ada penambahan injector, blow off, intercooler, juga oil cooler,”jelas Agus owner dari bengkel mobil BAR (Berkah Agus Rahma).
Baca Juga : Hasil Juara Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge 2023 Seri 1
Lebih dalam Agus juga menjelaskan secara teknis. Untuk internal, baik stang piston maupun pistonya tidak ada rombakan alias masih standarat. Tapi untuk ‘porting polish’, hukumnya wajib dilakukan. Kerena dengan teknik porting polish bisa membuat mesin mobil lebih bertenaga. Karena dengan porting polish bisa membuat tarikan mesin lebih ringan istilahnya. “Sehingga bisa meningkatkan performa kendaraan,”ungkap Agus yang sudah banyak membangun mobil drag race, mulai dari jenis Suzuki Baleno, Toyota Vios, Mitsubishi Lancer.
Dan sayang menarik lagi. Kalau menurut informasinya. Mobil sekelas Mazda memiliki technologi yang lebih dibanding mobil jenis lain untuk masalah ICU. Maksudnya mobil Mazda bila dilakukan rombakan engine, bila tidak sesuai dengan riset pabriknya ICU akan mudah eror. Tapi ditangan Agus dibuktikan dengan rombakan mesin pada mobil Mazda 2 nya yang sudah disematkan ternaga turbo. ICU nya tetap aman, dan tidak muncul ‘CE’ (Cek Engine).
Baca Juga : Yamaha Enduro Challenge 2023: Pesta Hadiah dan Diskon KYB Diserbu Pengunjung!
Nah ini bisa menjadi informasi buat pecinta mobil pabrikan Mazda, yang ingin merombak mesin semua jenis Mazda. Bisa menghubungi bengkel mobil BAR, yang bengkelnya berada di seputaran Citra Raya, Cikupa, Tangerang, Banten. Mantap!