Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Duel Epic! Honda PCX 2024 Siap Tantang Yamaha NMAX Turbo, Siapa yang Akan Menang?

Duel Epic! Honda PCX 2024 Siap Tantang Yamaha NMAX Turbo, Siapa yang Akan Menang

Otoinfo.id – Persaingan antara pabrikan Honda dan Yamaha pada pasar motor skuter matic sangat tinggi. Bahkan Yamaha dengan produknya Yamaha Nmax Turbo mampu mengintimidasi produk premium dari Honda yang mencoba mencari jawaban melawan teknologi terbaru yang disematkan Yamaha.Tak dapat dipungkiri kehadiran Yamaha Nmax Turbo telah membuat banyak orang tercengang dengan teknologi canggih yang baru disematkan di sebuah motor di seluruh dunia. Teknologi yang dinamakan turbo ini merupakan teknologi dalam pendistribusian tenaga.abarnya dan banyak orang yang berharap Honda akan meluncurkan produk premiumnya yang mengusung teknologi VTEC melalui PCX 160 untuk melawan Yamaha Nmax Turbo.

PCX 160 Terbaru
Untuk menjawab rumor tersebut, maka ada beberapa keunggulan dari Honda PCX terbaru tahun 2024. Hadir dengan berbagai pembaruan yang menjadikannya salah satu pilihan unggulan di segmen skutik premium.

Dengan fitur unggulan dan teknologi canggih, PCX 2024 menawarkan keunggulan. Berikut lima keunggulan Honda PCX 2024 yang menjadikannya lawan kuat Nmax Turbo, diantaranya adalah:

1. Kualitas, desain modern

Honda PCX 2024 memberikan kejutan dengan desainnya yang cantik dan modern. Dengan garis desain yang ramping dan fungsionalitas yang disederhanakan, PCX 2024 menawarkan tampilan premium yang menarik perhatian.

Lampu depan LED futuristik dan aksen krom di bagian samping memberikan kesan mewah dan berkelas. Skutik ini juga dilengkapi velg yang stylish dan bodi yang stylish sehingga menjadi pilihan yang sangat stylish bagi mereka yang mengutamakan estetika.

2. Infotainment dan konektivitas terintegrasi

Salah satu keunggulan Honda PCX 2024 adalah sistem infotainment dan konektivitas yang terintegrasi dalam layar TFT berukuran besar. Dengan antarmuka yang intuitif dan tampilan yang jelas, maka kamu dapat dengan cepat mengakses informasi penting dan mengelola berbagai fungsi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

3. Ruang bagasi besar

Baca Juga:  Viar EV1, Motor Listrik yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis

Honda PCX 2024 menawarkan ruang bagasi luas di bawah jok, berkapasitas sekitar 30 liter. Hal ini memungkinkan kamu menyimpan berbagai barang dengan mudah, mulai dari helm hingga bahan makanan.
Ruang bagasi yang lebih besar menjadi salah satu keunggulan PCX, memberikan kenyamanan lebih dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bepergian. Berbeda dengan Nmax Turbo yang juga punya ruang bagasi bagus namun tak seluas PCX.

4. Kenyamanan berkendara yang terbaik

PCX 2024 dirancang untuk memberikan kenyamanan berkendara yang optimal. Skutik ini memiliki suspensi teleskopik di bagian depan dan peredam kejut ganda di suspensi belakang yang dirancang untuk meredam guncangan dari arah yang salah.

Tak hanya itu, untuk memberikan nyaman pada bagian bokong, maka PCX 2024 menawarkan ukuran jok yang luas dan empuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi dan penumpang. Dengan desainnya yang ergonomis dan fitur-fitur seperti sistem ventilasi yang efisien, Honda PCX memastikan setiap perjalanan terasa nyaman, baik perjalanan pendek maupun jarak jauh.

5. Keamanan tingkat lanjut dan fitur teknis

Honda PCX 2024 memiliki berbagai fitur keselamatan dan teknologi canggih yang meningkatkan keselamatan. Salah satu fitur tercanggihnya adalah sistem pengereman ABS yang membantu mencegah roda terkunci saat pengereman darurat, sehingga meningkatkan stabilitas dan pengendalian.

Selain itu, PCX juga menawarkan sistem pencahayaan yang lebih terang dan efisien dibandingkan Nmax Turbo. Fitur-fitur ini membantu menjamin keselamatan pengemudi di jalan dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca Juga:  Honda BeAT Terbaru Bikin Heboh! Desain Sporty dan Dinamis

Dari keunggulan tersebut, Apakah PCX 2024 telah menggunakan teknologi mesin VTEC? Sayangnya jawabannya tidak. Meski Honda PCX 160 hadir dengan banyak fitur baru, mesin overbore 156,9 cc dengan piston baru, 4 katup, peredam kejut pneumatik baru, mercusuar baru dan bentuk businya – bahkan lebih panjang dan baru dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Perubahan lain yang dimiliki oleh PCX 160 adanya tambahan control traksi yang tidak dimiliki pada generasi sebelumnya. Adanya fitur ini membuat Honda PCX 160 segalanya menjadi lebih canggih. Namun sayangnya mesin PCX 160 belum dibenamkan teknologi variable valve, yakni VTEC yang digadang mampu melawan teknologi Tubo dari Yamaha NMax.

Meski demikian, hal ini bukan berarti Honda belum memiliki teknologi VTEC tersebut. Bahkan sebaliknya sebenarnya Honda telah siap untuk menanamkan teknologi VTEC pada mesin PCX 160 jika mereka merasa sudah siap dan ingin memperkenalkannya nanti.

Teknologi VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control)
Jika dilihat dari kepanjangan dari teknologi VTEC maka memiliki arti memberikan timing dan tinggi bukaan valve yang bervariasi tergantung pada profil lobe camshaft yang digunakan. Jika kamu membedah mesin PCX 160 maka kamu bisa melihat dimana solenoid menggerakkan timing pin yang akan menekan oli untuk menggerakkan pin penghubung melalui lobe camshaft Lobe profil rendah atau lobe profil tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, ketika mesin Honda PCX 160 dibongkar maka kamu juga akan melihat pada bagian kiri silinder PCX 160 ada tiga tempat nut yang belum difungsikan. Sementara itu, diperkirakan nut besar merupakan lubang penghubung saluran/jalan solenoid, sedangkan dua nut lainnya merupakan lubang baut motor solenoid VTEC.

Baca Juga:  Yamaha Grand Filano 2024 Harga Terbaru dan Keunggulan Prestasi Motor Matic Klasik

Lebih jauh jika kamu masuk pada bagian dalam mesin Honda PCX 160 maka kamu akan melihat bagian silindernya, dimana kamu juga akan menyaksikan ada satu poin jalur solenoid VTEC yang belum difungsikan juga. Melalui metode ini, maka sistem jalur solenoid akan memilih lobe profil camshaft mana yang akan digunakan.

Konyolnya jika dibandingkan dengan paten desain yang pernah dirilis oleh Honda untuk mesin skutik 4 katup Vtech. Ternyata ada kemiripan pada platform dan posisinya, seperti cover motor solenoid yang menggunakan 2 titik dengan pola diagonal.

Apa artinya ini? Secara umum ciri-ciri teknis utama desain mesin Honda PCX 160 yang pertama kali diidentifikasi yaitu: Overbore, 4-valve, SOHC, VTEC. padahal VTEC belum dirilis untuk model PCX 160. Secara umum sudah banyak contoh yang menunjukkan bahwa mesin Honda SOHC dilengkapi dengan VTEC.
Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Honda PCX 160 belum mencangkokkan teknologi VTEC pada mesin terbarunya yang digadang-gadang untuk melawan keperkasaan Yamaha Nmax Turbo yang sukses memukau pecinta motor.

Meski belum menanamkan secara langsung, tetapi Honda telah menyiapkan teknologi VTEC pada bagian mesinnya. Tidak ada yang tahu kapan waktu yang tepat Honda akan merilis teknologi terbarunya dan pada motor jenis apa yang akan ditanamkan.

Namun, secara keseluruhan Honda PCX 160 terbaru memiliki banyak keunggulan yang menjadi pertimbangan ketika memilih skuter matic premium selain Yamaha Nmax Turbo.

Tuliskan ulang bahan artikel diatas untuk artikel di blog (web) dalam bahasa Indonesia

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.