Emergency Stop Signal: Fitur Penunjang Keselamatan Berkendara Honda

Otoinfo – Emergency Stop Signal (ESS) adalah fitur keamanan yang ditemukan pada beberapa model kendaraan Honda. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan keselamatan pada situasi darurat dengan memberikan sinyal lampu berkedip cepat kepada pengemudi di belakang kendaraan Anda saat Anda melakukan pengereman keras dalam situasi darurat.

Fitur Emergency Stop Signal Tersedia pada beberapa jenis motor honda, seperti misalnya Honda CBR150R, Honda ADV150, CB650R, dan lainnya. Seperti yang dilansir dalam halaman instagram Astra Honda Motor DIY (Honda Istimewa Id).

Baca Juga:   Terungkap: Mengapa SYM Mio 110 adalah Skutik Retro Paling Nyaman Abad Ini!

Emergency Stop Signal

“Berfungsi sebagai penanda bagi pengendara di belakang, motoran jadi lebih aman.” Tujuan utama Emergency Stop Signal adalah untuk memberi tahu pengendara di belakang Anda bahwa Anda sedang melakukan pengereman mendadak, sehingga mereka dapat merespons dengan cepat dan menghindari kemungkinan tabrakan di bagian belakang kendaraan Anda.

Cara Kerja Emergency Stop Signal di Motor Honda

Baca Juga: Tips Naik Motor Matik di Tanjakan & Turunan ala Honda Istimewa

Baca Juga:   Kawasaki Ninja ZX-25R: Motor Supersport 250 cc dengan Mesin 4 Silinder

Deteksi Pengereman Darurat

Ketika sistem mendeteksi bahwa Anda melakukan pengereman dengan keras, seperti dalam situasi darurat, sistem ESS akan aktif.

Pengaktifan Lampu Darurat

Setelah pengereman keras terdeteksi, sistem akan menyebabkan lampu rem belakang Anda berkedip cepat dan secara bergantian (flashing) secara intens. Ini akan menciptakan efek visual yang menarik perhatian pengemudi di belakang Anda.

Baca Juga:   Bastianini Puas Finis di Posisi Ketiga pada MotoGP Belanda 2024

Sinyal Visual

Efek dari lampu rem berkedip cepat dan bergantian ini memberi tahu pengemudi di belakang Anda bahwa Anda sedang melakukan pengereman keras. Dengan memperhatikan tanda ini, pengemudi di belakang dapat mengurangi kecepatan mereka dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari tabrakan.