GP Amerika: Yamaha Mulai Temukan Rahasia Magneti Marelli

Otoinfo.id – Yamaha tuai hasil bagus di kualifikasi GP Amerika. Kecuali Hafizh Syahrin, Yamaha menempatkan 3 motor di posisi 5 besar kualifikasi. Dari hasil itu, nampak Yamaha mulai menemukan ritme setting yang tepat pada M1.

“Yang paling penting adalah saya nyaman dengan motor dan juga memiliki kecepatan yang bagus. Namun harus memperbaiki beberapa bagian agar lebih maksimal. Kami berharap balapan akan cerah dan kering karena dengan kondisi ini kami bisa bersaing,” girang Valentino Rossi.

Seperti diketahui, M1 punya kendala elektronik sejak penggunaan ECU semerek dari Magneti Marelli. Sementara Ducati dan Honda justru cocok memakai ECU Magneti Marelli tersebut.

“Tahun lalu Honda dan Ducati banyak menggelontorkan uang dan menggunakan banyak orang untuk memaksimalkan elektronik. Mungkin Yamaha tidak cukup. Jadi kami sedikit terlambat. Tapi sekarang sepertinya kita bisa bekerja sedikit lebih keras untuk memaksimalkannya,” lanjut Rossi.

Otak elektronik Magneti Marelli bukan hanya soal setting, melainkan algoritma di dalamnya harus sesuai dengan sensor pada motor. Sehingga angka-angka yang diisi pada table program ECU bisa sejalan dengan motor.

“Yamaha membutuhkan ECU yang memiliki kecepatan baca program tinggi. Selama ini kami kesulitan menyesuaikan setting motor Karena hal itu. Sensor kami tidak dibaca tepat oleh ECU. Namun kini kami mulai menemukan solusi bagus agar M1 bisa maksimal,” jelas salah satu kru Yamaha.

Selama ini catatan waktu M1 lebih rendah 0,6% dibanding Honda. Mungkin dalam 1 lap itu tidak terasa. Namun ketika balapan memakan berlap-lap, kekurangan itu menjadi membengkak. Namun sekarang, Yamaha sudah mulai bisa mengatasinya. MT4, foto : motogp