GP Qatar: Gawat, Yamaha Dapat Masalah Baru. Apa Masalahnya?

Otoinfo.id – Tahun lalu, Yamaha memilik masalah serius terhadap M1, yakni kurangnya grip roda belakang yang menyebabkan roda belakang terlalu banyak spin. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan mencoba berbagai macam sasis.

Saat pra-musim di Malaysia, Thailand dan Qatar, Yamaha percaya diri masalah spin sudah bisa dihilangkan. Dan terbukti di FP1 GP Qatar Rossi berada di posisi 2 di bawah Andrea Dovizioso.

Kini masalah baru muncul. Pada intinya masalah grip datang kembali. Namun kali ini bukan spin berlebihan, melainkan sliding.

“Masalah terbesar saya hanya pada grip roda belakang, bukan pengendalian. Roda tidak sliding, tapi motor justru malah sliding. Itu menjadi masalah ketika menikung,” jelas Johann Zarco.

Johann Zarco mencoba berbagai solusi namun hasilnya masih nihil. “Kami belum bisa menemukan solusi selama 2 latihan bebas (FP1 dan FP2). Namun walau ada masalah seperti ini, saya tidak terlalu jauh (catatan waktunya) dari pembalap teratas,” sebut Johann Zarco yang berhasil berada di posisi 6 saat FP1 dan posisi 10 ketika FP2.

Crew tim Monster Yamaha Tech3 mencoba terus mencari masalahnya. “Kami dan tim akan terus menganalisa semuanya. Kami akan terus meng-improve hingga FP3 dan siap fight di kualifikasi 2,” tutup Johann Zarco. MT4, foto : motogp