Setelah absen cukup lama, Suzuki kembali memboyong Vitara ke Indonesia dengan nama Grand Vitara yang memiliki dimensi lebih compact, masuk ke kelas Compact SUV.
Compact SUV menjadi pilihan mobil favorit di Indonesia. Cocok bagi berbagai kalangan, mulai dari bapak-bapak, mama muda, hingga anak muda.
Ukurannya yang tidak terlalu besar, desain sporty, dan kaya fitur membuatnya diminati karena sesuai untuk berbagai kebutuhan.
Tingginya ground clearance juga ideal untuk menghadapi kondisi jalan di Indonesia yang sering berlubang, jalanan tanah, dan area rawan banjir.
Namun, mampukah Grand Vitara bersaing di kelasnya? Mari kita telaah secara lebih mendalam.
Harga Grand Vitara menjadi salah satu poin yang menarik. Dalam rentang harganya, mobil tersebut berada di kisaran termurah untuk kelasnya.
Honda HRV dengan varian tertingginya mencapai kisaran 500 jutaan, sementara Creta varian tertingginya berada di 400 jutaan.
Menariknya, Grand Vitara dengan varian tertinggi hanya berada di kisaran 380 jutaan saja. Dari segi harga, mobil ini menjadi pilihan yang sangat kompetitif di pasaran.
Mengenai transmisi, Suzuki Vitara masih menggunakan teknologi yang lebih klasik, yakni 4AT atau otomatis konvensional.
Sementara pesaingnya seperti HRV dan Creta telah menggunakan CVT yang lebih halus. Meskipun demikian, transmisi konvensional ini mampu memberikan akselerasi yang lebih baik dibandingkan dengan CVT.
Dari segi harga, Grand Vitara memang menawarkan nilai yang menarik bagi mereka yang mencari Compact SUV dengan budget terbatas.
Meskipun transmisinya tergolong klasik dan tenaga mesinnya tidak terlalu besar. Dalam hal fitur dan interior, memiliki kesamaan seperti panoramic sunroof, keyless, dan head unit layar sentuh.
Pilihan tetap kembali pada selera masing-masing konsumen. Jika menginginkan fitur yang lebih lengkap, tentu harus siap merogoh kocek lebih dalam.
Secara keseluruhan, menurut saya, Grand Vitara masih menjadi pilihan yang sangat layak untuk bersaing di segmen Compact SUV, terutama mengingat harganya yang sangat kompetitif. Otoinfo.
More Stories
Ada yang Baru dari Proliner, Knalpot Pro-X Lebih Keren dengan Suara Ramah!
Kaliper Rem Belakang RCB E-45, Pilihan Tepat untuk Pengereman Lebih Responsif
Keren! Velg RCB Forged Dipakai Para Pemenang Sport 150 di Mandalika Racing Series 2025 Seri 3